Home » Info Baru » Bagian – Bagian Piston Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Piston Dan Fungsinya

bagian-bagian piston dan fungsinya
Bagian – Bagian Piston Dan Fungsinya
Bagian – Bagian Piston Dan Fungsinya – Piston merupakan komponen mesin yang terletak di dalam silinder blok (boring). Fungsi piston ini yaitu sebagai pengatur jalannya pembakaran mesin untuk menghasilkan tenaga. Dalam memenuhi fungsi piston sebagai penghasil tenaga mesin, piston ini dibantu oleh bagian-bagian piston yang memiliki fungsi masing-masing. Dan dari kelengkapan komponen piston tersebut, maka terciptalah sistem kerja piston yang terbentuk oleh gerakan poros engkol (crank shaft).

Cara kerja piston pada mesin 4 tak berbeda dengan mesin 2 tak. Dimana pada mesin 4 tak, poros engkol harus berputar dua kali putaran untuk membentuk langkah usaha. Sedangkan pada mesin 2 tak hanya membutuhkan satu kali putaran untuk menghasilkan proses pembakaran. Namun, fungsi piston pada kedua jenis mesin tersebut tetap sama, yaitu sebagai timing langkah pembakaran.

Baca juga : Fungsi Ring Piston

Bagian – Bagian Piston Dan Fungsinya

Sebuah piston, memiliki bagian-bagian yang masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang penting. Dan berikut merupakan komponen yang melekat pada sebuah piston.

1. Piston

Piston merupakan komponen yang berbentuk silinder. Pada dindingnya terdapat alur yang berfungsi sebagai tempat ring piston. Piston pada mesin 4 tak, memiliki bentuk permukaan rata. Sedangkan pada mesin 2 tak, permukaanya berbentuk cembung.

2. Ring Piston

Ring piston merupakan bagian pistong yang menempel pada sisi dinding piston. Bentuknya seperi gelang melingkari piston dan terdapat celah sebagai jarak kelenturan ring piston. Fungsi ring piston ini yaitu mencegah kebocoran kompresi, menyapu oli yang masuk ke blok silinder, dan membilas sisa pembakaran keluar.

3. Pin Piston

Pin piston adalah bagian piston yang terletak di dalam rongga piston. Bentuknya silinder dan memiliki lubang di bagian tengahnya sebagai ruang sirkulasi oli mesin yang melumasi piston. Fungsi pin piston ini yaitu sebagai pengait antara piston dengan batang piston.

4. Snap Ring

Snap ring merupakan ring tipis mirip seperti cincin yang terletak di dalam alur rongga pin piston. Fungsi snap ring ini yaitu sebagai pengunci pin piston agar tidak bergerak keluar yang mengakibatkan kerusakan pada dinding blok silinder.

5. Batang Piston

Batang piston (connection road) merupakan komponen yang memiliki dua buah lubang yang terkait. Kedua lubang tersebut masing-masing sebagai tempat pin piston dan poros engkol. Karena, fungsi batang piston ini adalah sebagai penghubung antara piston dan poros engkol.

Demikianlah ulasan mengenai bagian-bagian piston dan fungsinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top