Tip & Trik Cara Menghidupkan Mesin Diesel

Cara Menghidupkan Mesin Diesel

cara+menghidupkan+mesin+diesel
Cara Menghidupkan Mesin Diesel

Cara Menghidupkan Mesin Diesel – Pada kempatan kali ini akan menjelaskan cara menghidupkan mesin diesel. Bagi pemula yang akan mencoba mesin penggerak berbahan bahakr solar ini, harus lah berhati-hati agar tidak terjadi kesalah yang mengakibatkan gagal star atau over selah (putaran terbalik).

Pembahasan yang akan diulas kai ini merupakan panduan menghidupkan mesin diesel untuk semua merk. Entah itu diesel kubota, yanmar, dongfeng, dan lain-lain. Karena, pada dasarnya caranya sama saja, yang membedakannya yaitu semakin besar kapasitas mesinnya semakin besar juga tenaga yang harus dikeluarkan.

Sebelum menghidupkan mesin diesel, pastikan mesin telah terisi bahan bakar dan air pendingin. Selain itu, periksalah ketersediaan oli mesinnya apakah masih cukup atau tidak. karena jika oli mesin kurang, akan menyebabkan mesin diesel cepat panas. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Menghidupkan Mesin Diesel

Langkah-langkah menghidupkan mesin diesel :

1. Geser tuas gas ke posisi star atau posisiskan di tengah-tengah batas kecepatan.

2. Peganglah tuas engkol dengan tangan kanan. Kemudian masukan ke poros engkol secara benar agar tidak meleset saat memutar tuas engkolnya.

3. Tekan choke secara penuh menggunakan tangan kiri. Choke ini terletak di bagian sisi samping berdekanan dengan filter udara dan knalpot.

4. Putar engkol ke kanan (searah jarum jam) secara perlahan untuk memastikan solar telah mengalir dengan terdengar bunyinya (cek…cek…cek).

5. Setelah tekanan solar berbunyi, tambahakan kecepatan putaran tuas engkol secara berangsur-angsur. Ketika mencapai di putaran tercepat, lepaskan tuas choke bersamaan dengan melepaskan tuas engkol.

6. Setelah mesin berhasil dihidupkan, atur kecepatan putaran mesin dengan mengatur tuas gas sesuai yang dikehendaki. Apabila belum berhasil, ulangilah langkah nomer 3 sampai nomer 5 sampai mesin dapat dinyalakan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menghidupkan mesin diesel adalah ketika melapas tuas choke dan tuas engkol harus bersamaan. Jangan sampai melepaskan tuas choke terlebih dahulu yang mengakibatkan tangan terpeleset. Selain itu, ketika melepas tuas choke harus berapa pada putaran engkol tercepat untuk menghidari over selah (arah putaran mesin terbalik).

Demikianlah cara menghidupkan mesin diesel yang benar. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *