Home » Info Baru » Cara Mengecas Aki Yang Benar

Cara Mengecas Aki Yang Benar

cara+mengecas+aki+yang+benar
Cara Mengecas Aki Yang Benar

Cara Mengecas Aki Yang Benar – Aki atau accu merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan tegangan listrik berupa elektrokimia dalam kapasitas tertentu. Berdasarkan unsur kimianya, aki dibedakan menjadi 2 macam yaitu aki kering dan aki basah. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara mengecas aki yang benar.

Aki yang terdapat pada kendaraan bermotor, seperti motor dan mobil sebenarnya dapat diisi ulang (dicas) ketika aki tersebut mengalami tekor atau soak. Jika mengalami tanda-tanda seperti motor tidak bisa dihidupkan menggunakan elektrik starter, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli aki baru. Karena siapa tahu aki tersebut masih dapat dicas.

Tanda-tanda aki tekor dapat dilihat dari menurunnya voltase listrik pada aki ketika dicek menggunakan multitester. Atau dapat kita lihat dari kendaraan yang kita hidupkan tak kunjung hidup. Nah, jika melihat tanda-tanda tersebut, maka penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengecas aki yang benar.

Cara Mengecas Aki Yang Benar

Untuk melakukan pengecasan pada aki, terlebih dahulu kita harus memiliki alat cas aki. Cas aki tersebut dapat kita dapatkan dengan membeli atau membuat/merangkai cas aki sendiri. Langkah-langkah untuk melakukan pengecasan aki adalah berikut ini:

1. Sediakan alat cas aki dan pastikan cas aki tersebut dalam keadaan normal dan tidak rusak.

2. Aturlah semua tombol pada cas aki tersebut. Jika akan mengecas aki motor, aturlah pada voltase 12 volt. Namun jika akan mengecas aki mobil, aturlah pada voltase 24 volt. Jika ingin mempercepat  proses pengecasan, aturlah pada tombol HI. Begitu sebaliknya jika ingin memperlambat proses pengecasan agar pengisian dapat maksimal, aturlah pada tombol LOW.

Baca Juga :  Prinsip Kerja Mesin Bubut Beserta Bagian-Bagiannya

3. Setelah pengaturan selesai, jepitkan kabel pengecasan warna merah pada aki di bagian positif (+) dan kabel warna hitam di bagian negatif (–).

4. Kemudian tancapkan kabel power ke sumber listrik dan nyalakan tombol powernya. Serta nyalakan juga tombol start pengecasan.

5. Untuk pengisian aki motor, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 – 4 jam. Dan untuk aki mobil sekitar 10 – 12 jam.

6. Setelah proses pengecasan selasai (indikator cas aki berada di angka 0), matikanlah tombol start pengecasan dan tombol powernya. Kemudian cabut kabel powernya dari sumber listrik dan lepaskan juga kedua jepitan kabel yang melekat pada aki.

Begitulah kira-kira cara mengecas aki yang benar. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top