Mesin Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

cara+memperbaiki+pompa+air+shimizu
Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu – Diantara banyaknya merk mesin pompa air, shimizu merupakan salah satu terbaik dikelasnya dan sudah sangat populer. Dengan memiliki slogan “sedotannya kencang, semburannya kuat” menjadikan pompa air ini mudah dikenal dan banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun begitu, bukan berarti pompa air shimizu ini tidak bisa rusak. Karena barang sebagus apapun buatan manusia pasti ada kalanya mengalami masalah dan perlu perbaikan.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada pompa air shimizu ini yaitu airnya tidak naik, mesin mati, dan semburannya lemah. Namun, ternyata banyak yang masih belum tahu bagaimana cara memperbaiki pompa air shimizu ini. Sehingga, jika mesin pompa air mengalami masalah, langsung dibawa ke tukang servis untuk diperbaiki.

Memperbaiki mesin pompa air yang mengalami kerusakan sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Karena kerusakan yang terjadi biasanya hanya merupakan masalah ringan yang hanya perlu penggantian pada beberapa komponen yang memang sudah waktunya untuk diganti. Dan untuk melakukannya pun caranya sangat mudah. Namun, tidak sepenuhnya kerusakan yang terjadi pada pompa air shimizu ini berasal dari pengaruh komponennya. Karena bisa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti yang akan dibahas berikut ini mengenai cara memperbaiki pompa air shimizu yang rusak.

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

1. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Tidak Keluar Air

Masalah yang pertama pada mesin pompa air Shimizu adalah tidak keluar air. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Seal pompa air rusak
  • Adanya kebocoran pada instalasi pipa
  • Sumber air kurang bagus

Dan untuk memperbaiki pompa air shimizu yang tidak keluar airnya, kita harus mengecek ketiga faktor tersebut. Jika menemukan seal yang rusak, segeralah ganti dengan yang baru. Jika ada kebocoran pada pipa, tambalah atau perbaiki sambungan dengan isolatip. Dan jika sumber air kurang bagus, pindahkan lah pipa hisap pada sumber air yang bagus.

2. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Yang Lemah

Penggunaan pompa air shimizu yang cukup lama, biasanya akan mengalami semburan airnya menjadi lemah. Hal ini biasanya disebabkan oleh seal yang yang sudah aus. Sehingga kompresi air mengalami kebocoran yang mengakibatkan pancaran air menjadi lemah. Jika mengalami masalah seperti ini, gantilah seal pompa air dengan yang baru.

3. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Macet

Pasti ada yang pernah mengalami masalah pompa air shimizu macet. Bahkan, jika kita mencoba memutar kipas pompa air dengan tangan pun tidak bisa bergerak. Penyebab masalah ini ada dua kemungkinan, yaitu bearing seret dan pompa air kemasukan pasir. Oleh sebab itu, jika pompa air macet, periksalah bearingnya. Jika ada bearing yang macet, segeralah ganti dengan yang baru. Namun, jika hanya kemasukan pasir atau benda lainnya, cukup dibersihkan sampai bersih pada bagian ruang impeller.

4. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Mati

Untuk masalah pompa air shimizu mati, kita hanya perlu mengecek bagian kelistrikannya saja, diantaranya yaitu kabel, kapasitor, dan gulungan dinamo. Untuk mengecek bagian-bagian tersebut, gunakanlah multitester. Namun, yang sering terjadi adalah kabel putus atau kapasitor meleleh. Oleh karena itu, jika menemukan diantara ketiga bagian tersebut yang mengalami kerusakan, segeralah diperbaiki.

Jika menemui kabel putus, kita dapat menyambungnya kembali dan membungkusnya dengan isolatip. Jika kapasitor meleleh, gantilah dengan kapasitor baru yang ukurannya sama. Namun, jika dinamo putus atau terbakar, kita harus membawa ke bengkel untuk digulung ulang. Karena pasti banyak yang tidak tahu cara menggulung dinamo.

5. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Cepat Panas

Pompa air shimizu yang cepat panas, disebabkan karena ada kebocoran pada pada jalur kelistrikan. Masalah ini biasanya disertai nyetrum pada pompa air. Sehingga harus berhati-hati dalam mengeceknya. Dan untuk memperbaiki masalah ini, periksalah seluruh jalur kelistrikan yang ada pada pompa air. Jika ada kabel yang terkelupas dan menempel di mesin, perbaikilah dengan membungkusnya dengan isolatip.

6. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Bocor

Pompa air shimizu yang mengalami kebocoran biasanya ditandai adanya tetesan atau rembesan air pada pompa air. Penyebab masalah ini adalah adanya oring karet atau seal pompanyang rusak. Dan untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan mengganti karet atau seal yang mengalami kerusakan.

Demikianlah informasi mengenai pengalaman cara memperbaiki pompa air shimizu. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *