Home » Servis » Cara Memasang Otomatis Kompresor Angin

Cara Memasang Otomatis Kompresor Angin

cara+pasang+otomatis+kompresor+angin
Cara Memasang Otomatis Kompresor Angin

Cara Memasang Otomatis Kompresor Angin – Salah satu penyebab kompresor listrik tidak bisa hidup adalah kerusakan pada otomatis (switch pressure). Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita harus mengganti otomatisnya. Lalu, bagaimana cara memasang otomatis pada kompresor angin ?

Otomatis pada kompresor listrik merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik ketika tabung angin telah terisi penuh. Dan akan menghidupkan kembali jika angin di dalam tabung telah habis digunakan.

Menjadi komponen yang memiliki penting pada kompresor, maka jika otomatis kompresor rusak harus segera diganti. Namun, bagi yang belum tahu caranya, berikut akan dijelaskan langkah demi langkah cara memasang otomatis kompresor angin.

Langkah – Langkah Memasang Otomatis Kompresor Angin

Sebelum memulai pembongkaran untuk memasang switch pressure, kita harus melepas terlebih dahulu otomatis yang akan diganti. Alat-alat yang digunakan antara lain obeng, sealtape, kunci pas 12 mm dan 14mm, dan kunci Inggrisl. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Bukalah tutup cover otomatis, kemudian lepaskan kabel power dan kabel yang dinamo yang menempel pada otomatis tersebut.

2. Kemudian lepaskan kran angin, pressure indikator, safety valve, dan jalur pipa pembuangan yang berada di bawah switch pressure.

3. Jika sudah terlepas semua, lepaskan otomatis dari dudukannya dengan menggunakan kunci inggris.

4. Bersihkan dan balut drat dudukan otomatis dengan sealtape. Kemudian pasanglah switch pressure yang baru.

5. Pasang kembali bagian-bagian yang telah dilepas sebelumnya, seperti kran angin, indikator pressure, safety valve, dan pipa pembuangan. Gunakan sealtape untuk menghindari kebocoran setiap sambungan.

6. Pasang juga kabel dinamo dan kabel powernya. Untuk pemasangannya, jalur kabel dinamo pada satu sisi dan kabel power berada di sisi yang lain. Untuk memastikannya, gunakanlah multitester.

7. Setelah semua terpasang dengan benar, cobalah untuk menghidupkan mesin kompresor. Jika otomatis telah berfungsi dan kompresor dapat hidup, settinglah pressure switch sesuai kapasitas tabung kompresor.

Demikianlah langkah-langkah cara memasang otomatis kompresor angin. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top