Servis Cara Memperbaiki Kompresor Listrik Mati

Cara Memperbaiki Kompresor Listrik Mati


Cara Memperbaiki Kompresor Listrik Mati – Kompresor listrik merupakan jenis kompresor mini yang menggunakan motoran dinamo sebagai sumber penggeraknya. Karena lebih simple, kompresor ini sering digunakan untuk pengecatan, pompa ban motor, servis, dan juga penyelaman. Namun, kendala yang sering terjadi pada kompresor listrik mini ini adalah mati. Sehingga, tidak dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Untuk memperbaiki kompresor listrik mati, ada beberapa tahapan pengecekan yang dilakukan untuk mengetahui penyebabnya. Dan setelah menemukan penyebabnya, barualah melakukan perbaikan pada kompresor yang mati. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan menguraikan beberapa penyebab kompresor listrik mati dan cara memperbaikinya.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kompresor Listrik Mati

1. Kabel Power Putus

Pada kompresor listrik terdapat kabel power untuk menghubungkan antara kompresor dengan sumber listrik. Jika kabel power tersebut putus, maka kompresor tidak akan bisa hidup. Oleh sebab itu, jika terjadi kompresor mati tidak bisa hidup, periksalah kabel powernya menggunakan multitester.

Untuk melakukan pengecekan, bukalah tutup otomatis dengan menggunakan obeng. Kemudian setting multitester pada hambatan (ohm). Setelah itu, hubungkan probe pada kedua jalur kabel power. Jika menemukan adanya kabel yang tidak terhubung, gantilah dengan kabel yang baru.

2. Otomatis Rusak

Otomatis pada kompresor listrik berfungsi sebagai saklar yang bekerja secara otomatis. Sakalr otomatis ini menghubungkan antara kabel power dengan dinamo penggerak. Sehingga, jika otomatis tersebut rusak, maka aliran listrik tidak sampai pada dinamo yang mengakibatkan kompresor tidak bisa hidup.

Untuk melakukan pengecekan apakah ortomatis masih berfungsi atau tidak, dapat menggunakan multitester. Caranya hampir sama pada pengecekan kabel. Yaitu dengan mengatur multitester pada satuan ohm, kemudian tempelkan probe pada masing-masing terminal saklar otomatis. Jiika mendapati salah satu terminal tidak berfungsi, maka perbaikilah. Namun jika sudah tidak memungkinkan, sebaiknya ganti dengan otomatis yang baru.

3. Kapsitor Tidak Berfungi

Kapasitor pada kompresor listrik digunakan untuk membantu menggerakan motoran ketika putaran awal. Jika kapasitor putus atau tidak berfungsi, maka kompresor hanya mendengung tanpa berputar ketika dihidupkan.

Untuk mengatasi masalah kompresor listrik yang disebabkan oleh kapasitor yang rusak, maka sebaiknya ganti saja dengan kapasitor yang baru dengan ukuran kapasitas yang sama.

4. Auto Reset Putus

Auto reset merupakan bagian dari kompresor yang berfungsi sebagai pelindung dinamo. Auto reset ini akan secara otomatis memutuskan aliran listrik yang masuk ke dinamo jika terjadi hubungan arus pendek.

Oleh sebab itu, jika mengalami kompresor listrik mati, periksalah pada bagian auto reset. Jika tombol auto reset tersebut keluar maka tekanlah sampai masuk kembali. Namun, jika belum teratasi, gantilah auto reset tersebut. Karena biasanya jika sudah terbakar karena korsleting listrik akan langsung rusak.

5. Dinamo Terbakar

Dinamo merupakan komponen utama pada kompresor listrik. Fungsinya yaitu sebagai penggerak langkah piston dalam upaya menghisap angin. Jika dinamo tersebut terbakar (bau gosong), maka secara otomatis sumber penggerak menjadi hilang dan kompresor tidak bisa hidup.

Untuk mengatasi dinamo terbakar, sebaiknya bawa dinamo tersebut ke tukang servis untuk digulung ulang. Karena hanya itu cara satu-satunya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dinamo yang terbakar.

Demikianlah uraian mengenai penyebab dan cara memperbaiki kompresor listrik mati. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *