Home » Mesin » Komponen Genset Dan Fungsinya

Komponen Genset Dan Fungsinya

komponen+genset+dan+fungsinya
Komponen Genset Dan Fungsinya

Komponen Genset Dan Fungsinya – Pada dasarnya, genset terdiri dari dua komponen utama, yaitu mesin penggerak dan alternator. Fungsi mesin penggerak adalah sebagai penggerak (memutar) Alternator. Sedangkan alternator berfungsi sebagai penghasil tegangan arus listrik.

Mesin genset itu sendiri adalah mesin yang digunakan sebagai penghasil energi listrik. Cara kerja kerja genset didasari oleh dua komponen utamanya. Dimulai dari bahan bakar yang dialirkan akan menggerakan mesin penggerak dan menghasilkan energi mekanik. Energi tersebut kemudian berfungsi sebagai penggerak alternator yang kemudian menghasilkan arus listrik.

Jika diuraikan secara detail, komponen genset sangat banyak jumlahnya. Karena meliputi seluruh spare part yang ada pada mesin penggerak dan alternator. Namun, ada beberepa komponen utama yang perlu diketahui dan memiliki fungsi yang sangat penting. Apa saja komponen tersebut? Simak pembahasan berikut ini mengenai 7 komponen genset dan fungsinya masing-masing.

Komponen Genset Dan Fungsinya

Mesin genset memiliki beberapa komponen utama yang memiliki fungsi dan peranan penting dalam melakukan proses kinerjanya untuk menghasilkan energi listrik. Komponen-komponen tersebut antara lain:

1. Engine

Komponen genset yang pertama adalah engine (mesin penggerak). Fungsi mesin penggerak genset ini yaitu untuk memutar alternator. Berdasarkan bahan bakarnya, mesin penggerak genset dibedakan menjadi dua, yaitu mesin penggerak genset diesel (bahan bakar solar) dan mesin penggerak genset bensin (bahan bakar bensin). Namun, ada juga mesin jenis penggerak genset lainnya, seperti mesin penggerak turbin dan mesin penggerak bertenaga surya.

Baca Juga :  Perbedaan Genset Diesel Dan Genset Bensin

2. Alternator

Komponen penting kedua yang terdapat pada genset yaitu alternator. Fungsi alternator pada mesin genset yaitu mengubah energi gerak mekanik menjadi energi listrk. Semakin besar ukuran kawat dan medan magnet pada alternator, maka semakin besar pula kapasitas daya listrik yang dihasilkan.

3. Tangki Bahan Bakar

Pada setiap mesin genset, pasti tedapat tangki bahan bakar, baik itu genset diesel maupun genset bensin. Fungsi tangki bahan bakar pada mesin genset tersebut yaitu sebagai tempat untuk menampung bahan bakar. Banyaknya kapasitas bahan bakar yang dapat tersimpan pada tangki bahan bakar genset, tergantung dari pabrik yang membuatnya. Namun, biasanya untuk jenis genset diesel memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar dari pada genset bensin.

4. Kerangka Mesin

Ada dua jenis rangka mesin yang digunakan pada mesin genset. Yaitu rangka tertutup dan rangka terbuka. Untuk rangka tertutup biasanya dipakai pada jenis genset silent untuk memperkecil suara agar tidak berisik. Fungsi rangka mesin pada genset yaitu sebagai tempat dudukan mesin penggerak dan generator genset.

5. Panel Kontrol

Komponen genset selanjutnya ada panel kontrol. Panel kontrol pada mesin genset berfungsi sebagai tempat panel-panel penting genset. Seperti kontak start, switch power, switch breaker, indokator voltase, indikator oli mesin, colokan steker, dan lain-lain.

6. Exhouse (Knalpot)

Exhouse merupakan saluran pembuangan sisa pembakaran mesin. Komponen ini sering disebut juga dengan knalpot. Fungsinya yaitu untuk membuang gas sisa pembakaran pada mesin penggerak genset. Selain sebagai saluran pembuangan, exhouse juga berfungsi untuk mengecilkan suara pembakaran pada mesin.

Baca Juga :  Bagian Lengkap Mesin Potong Rumput

7. AVR Dan Kapasitor

AVR merupakan kepanjangan dari automatic voltage regulator. Fungsi AVR ini yaitu sebagai pengontrol dan menyetabilkan frekuensi tegangan arus listrik yang keluar dari genserator. AVR biasanya dipakai pada genset berkapasitas 2500 watt ke atas. Sedangkan untuk genset di bawah 2500 watt menggunakan kapasitor sebagai pengontrol tegangan arus listriknya.

Itulah beberapa komponen yang ada pada genset beserta fungsinya masing-masing. Semoga dapat dijadikan wawasang yang bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top