Home » Info Baru » Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput

cara+memasang+senar+mesin+potong+rumput
Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput – Mengganti baling-baling pada mesin potong rumput menggunakan senar, merupakan inovasi terbaru yang bertujuan untuk memberi kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, cara memasangannya pun sangat mudah, karena pada dasarnya sama seperti pemasangan baling-baling jenis pelat.

Meskipun begitu, menggunakan senar sebagai pembabat rumput ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihannya dapat dilihat dari penggunaannya yang lebih praktis. Namun, jika dibandingkan dengan jenis mata potong plat, penggunaan senar ini ternyata masih jauh dari sempurna. Karena senar ini hanya mampu membabat rumput-rumput yang bersifat lunak saja.

Setelah mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya, pasti sudah memiliki gambaran mengenai penggunaanya senar pada potong rumput. Nah, bagi yang akan mengganti mesin potong rumputnya dengan senar, silahkan simak pembahsan berikut ini mengenai cara memasang senar mesin potong rumput yang benar.

Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput

Sebelum mengganti mesin potong rumput dengan senar, siapkan terlebih dahulu dudukan dan senarnya. Kedua komponen tersebut biasanya terjual dalam satu set. Namun, ada juga yang menjual senarnya saja sebagai pengganti jika nantinya senar yang digunakan habis atau putus. Selain itu, siapkan kunci ring 19 mm dan obeng sebagai alat yang digunakan dalam penggantian.

Adapun langkah-langkah memasang senar pada mesin potong rumput adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Dan Fungsi Komutator

1. Bukalah mata potong yang lama, caranya yaitu dengan menahan gearbox dengan menggunakan obeng, kemudian lepaskan mur pengunci baling-baling menggunakan kunci 19 mm. Untuk mengendurkan murnya, putarlah ke kanan (searah dengan jarum jam).

2. Siapkan dudukan senar, kemudian masukan senar ke dalam lubang yang berada pada dudukannya. Kita bisa memasang dua buah senar atau empat buah sekalian.

3. Setelah itu, pasanglah dudukan senar pada gearbox mesin potong rumput. Kemudian pasang mur penguncinya dan kencangkan dengan cara memutarnya ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Pastikan lubang dudukan tapat berada pada as gearbox agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selesai.

Sangat mudah bukan? Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana memasang senar mesin potong rumput. Jika ingin mengganti senar karena sudah habis (pendek), cukup dengan melepas senar pada dudukannya dan memasangnya dengan yang baru. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top