Home » Servis » Penyebab Dan Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

Cara Memperbaiki Genset 2 Tak Susah Hidup

memperbaiki+genset+susah+hidup
Mesin Genset 2 Tak Susah Hidup

Cara Memperbaiki Genset 2 Tak Susah Hidup – Mesin genset 2 tak yang memiliki kapasitas daya listrik sekitar 650 watt ini, memang cenderung berbunyi sedikit keras dan bukan berarti mesin tersebut mengalami kerusakan. Namun, jika memang terjadi kendala, kita harus segera memperbaiki mesin genset tersebut agar tidak menjadi serius.

Sebagai sumber listrik portabel, ada kalanya mesin genset ini mengalami kerusakan. Dan salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mesin genset 2 tak ini yaitu mesin susah hidup. Permasalahan tersebut biasanya terjadi karena kurangnya perawatan dan pemeliharaan pada mesin genset.

Untuk memperbaiki mesin genset 2 tak yang susah dihidupkan, memang butuh cara dan ketelitian untuk mengatasinya. Karena kita harus mengecek satu per satu bagian yang menjadi penyebabnya. Dan berikut merupakan bagian-bagian penting yang perlu di cek dalam memperbaiki mesin genset 2 tak susah hidup.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Mesin Genset 2 Tak Susah Hidup

1. Pengapian Hilang

Hilangnya sistem pengapian pada mesin genset 2 tak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor – faktor tersebut diantaranya yaitu busi, coil, dan ignition magneto. Untuk memperbaiki mesin genset susah hidup yang disebabkan oleh hilangnya sistem pengapaian, perikasalah satu per satu bagian-bagian sistem pengapiannya. Dan apabila menemukan bagian yang tidak berfungsi atau mati, gantilah bagian yang mati tersebut dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Karburator Yang Benar

2. Karburator Kotor

Mesin genset yang tidak digunakan dalam waktu yang lama dan tidak pernah dipanaskan, akan menjadi susah hidup. Hal ini biasanya disebabkan oleh karburator menjadi kotor dan tersumbat. Sehingga bahan bakar yang mengendap dan lama – lama akan menyumbat saluran angin dan saluran bahan bakar yang berada di dalam karburator.

Cara memperbaiki masalah seperti ini yaitu dengan mencuci karburator yang kotor tersebut dengan menggunakan bensin. Pastikan seluruh celah lubang pada karburator tersebut benar – benar bersih sebelum dipasang kembali.

3. Kompresi Bocor

Kebocoran kompresi pada mesin genset 2 tak dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Diantara penyebab tersebut yaitu seal ker as bocor, baut silinder head kendor, packing head rusak, ring piston aus, dan silinder blok baret.

Untuk mengatasi kompresi yang mengalami kebocoran pada mesin genset 2 tak ini, periksalah bagian – bagian yang telah disebutkan tadi dengan seksama. Apabila menemukan kerusakan pada bagian – bagian tersebut, perbaikilah dengan mengganti bagian yang rusak tadi dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Memasang Saklar Bor Bolak Balik

Namun jika mendapati silinder blok yang aus atau baret. Kita harus melakukan pengkorteran atau over size pada silinder blok tersebut. Dan apabila silinder blok tersebut aus atau baretnya terlalu dalam dan tidak bisa dikorter, maka harus mengganti dengan silinder head yang baru.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki mesin genset 2 tak susah hidup. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top