Home » Servis » Penyebab Mesin Bor Listrik Cepat Panas

Penyebab Mesin Bor Listrik Cepat Panas

bor+listrik+cepat+panas
Penyebab Mesin Bor Listrik Cepat Panas

Penyebab Mesin Bor Listrik Cepat Panas – Bagi para pengguna mesin bor listrik, pasti pernah mengalami masalah dimana ketika sedang menggunakan mesin bor tiba-tiba mesinnya menjadi sangat panas. Jika penggunaanya telalu lama mungkin itu merupakan hal yang wajar. Namun, jika baru sebentar memakainya dan berubah menjadi sangat panas, berarti itu tandanya ada yang tidak beres pada mesin bor listrik tersebut.

Mesin bor listrik itu sendiri merupakan alat perkakas yang berfungsi untuk membuat lubang dengan menggunakan energi listrik. Meskipun sangat praktis dalam penggunaannya, terkadang mesin ini mengalami masalah. Dan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin bor listrik ini yaitu cepat panas ketika digunakan.

Jika mesin bor yang sedang digunakan mengeluarkan panas yang berlebihan, sebaiknya berhenti dulu melakukan pengeboran dan memeriksa kondisi mesin bor tersebut. Siapa tahu itu hanya merupakan kerusakan ringan yang masih dapat diatasi sendiri. Namun, untuk mengeceknya kita perlu membongkar mesin bor tersebut untuk melihat bagian-bagian dalamnya yang menjadai sumber kerusakannya. Dan setelah menemukan titik penyebabnya, barulah melakukan perbaikan atau penggantian agar mesin bor dapat normal kembali.

Penyebab Mesin Bor Listrik Cepat Panas

Untuk mempermudah menemukan penyebab mesin bor listrik yang cepat panas, berikut ini merupakan beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab dari masalah mesin bor cepat panas dan cara mengatasinya. Silahkan disimak untuk menambah wawasan. Sehingga apabila masalah tersebut terjadi pada kita sendiri, kita dapat memperbaikinya tanpa harus dibawa ke jasa tukang servis.

1. Laher Bor Rusak

Laher pada mesin bor merupakan komponen yang betugas sebagai tumpuan putaran mesin. Jika laher tersebut macet, maka putaran mesin menjadi berat dan mengakibatkan mesin bor cepat panas. Selain macet, kerusakan laher yang lainnya yang sering ditemui yaitu koclak, sehingga mengakibatkan putaran mesin tidak seimbang. Akibatnya rotor akan menyenggol stator dan mengakibatkan gesekan yang lama-kelamaan menjad panas.

Oleh sebab itu, jika mesin bor yang sedang digunakan menjadi sangat panas, segeralah periksa kondisi lahernya. Jika menenukan adanya laher yang rusak (macet atau koclak), sebaiknya lakukan penggantian pada laher tersebut agar putaran mesin bor ringan dan kencang.

2. Resistansi Kumparan Aus

Kumparan pada mesin bor listrik terdiri dari armature dan stator. Jika salah satu kumparan tersebut telah aus, maka jika kita menghidupkan mesin bor akan menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, jika mengalami permasalahan pada mesin bor listrik, periksalah kondisi kumparan tersebut.

Untuk mengecek kumparan mesin bor, kita dapat menggunakan multiteseter. Untuk ukuran standart hambatan pada kumparan yaitu 18 ohm. Jika setelah diukur terdapat salah satu yang nilainya kurang dari ukuran standart, berarti jalur kumparan tersebut rusak (aus). Sehingga harus diganti atau digulung ulang pada tukang dinamo.

3. Kondensator Tidak Berfungsi

Ada beberapa mesin bor yang menggunakan kondensator/kapasitor untuk melakukan pengangkatan putaran mesinnya. Kondensator ini biasanya berbentuk kotak dan terletak disekitar saklar bor. Jika kondensator tidak berfungsi (rusak), maka yang terjadi adalah mesin bor hanya mendengung ketika dinyalakan. Dan jika saklar ditekan terus-menerus maka kumparan akan menjadi panas.

Untuk mengatasi kondesator yang sudah tidak berfungsi, kita harus menggantinya dengan yang baru. Jika kondensator tersebut menyatu di dalam saklar bor, kita harus membeli saklar yang ada kondensatornya untuk mengganti kondensator yang telah rusak tersebut. Tetapi, jika letaknya terpisah dari saklar, kita cukup mengganti kondensatornya saja.

Itulah beberapa penyebab mesin bor listrik cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top