Home » Info Baru » Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang

Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang

penyebab+kompresi+mesin+diesel+hilang
Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang

Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang – Para pengguna mesin diesel pasti pernah mengalami ketika menghidupkan mesin diesel tetapi tak kunjung hidup. Biasanya masalah seperti itu disebabkan oleh kompresi yang hilang. Lalu, apa saja penyebab kompresi mesin diesel hilang?

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kompresi mesin diesel hilang. Diantaranya yaitu kondisi boring dan ring piston telah aus. Jika salah satu atau kedua komponen tersebut bermasalah, sudah pasti kompresi akan hilang.

Selain dari ring piston dan boring, ternyata ada beberapa penyebab lain yang dapat mempengaruhi hilangnya kompresi pada mesin diesel. Berikut penjelasannya.

Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang

Hal-hal yang menyebabkan kompresi pada mesin diesel menjadi hilang atau ngempos adalah sebagai berikut:

1. Choke Tidak Kembali

Mungkin banyak yang tidak menyadari ketika sedang menghidupkan mesin diesel dan sudah melepas engkol, tetapi tuas choke-nya tidak kembali. Sehingga menyebabkan klep terus terbuka dan mengakibatkan kompresi mesin ngempos tanpa tekanan.

Penyebab choke yang tidak kembali ini biasanya dikarenakan spring telah rusak. Untuk itu, jika mengalami masalah seperti ini, perikasalah bagian spring choke. Jika menemukan spring patah atau lepas, segera perbaiki agar choke dapat segera kembali setelah dilepaskan.

2. Klep Terganjal Kotoran

Kotoran yang masuk melalui intake (saluran hisap) juga sering terjadi pada mesin diesel. Kotoran tersebut biasanya berupa runtuhan filter udara yang koyak terhisap masuk dan mengganjal mulut klep. Klep yang terganjal tersebut tentu saja tidak menutup sempurna, akibatnya kompresi pun hilang.

Baca Juga :  Microskop Dan Fungsinya

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita harus melepas cylinder head untuk mengambil serpihan yang mengganjal klep. Jika bekas kotoran tidak membekas pada klep dan siting klep, maka kita dapat langsung memasangnya kembali. Namun, jika bekasnya cukup dalam, maka harus melakukan skir klep sebelum memasangnya kembali.

3. Ring Nozzle Rusak

Ring nozzle merupakan sebuah ring tembaga yang berfungsi sebagai penyekat antara cylinder head dan rumah nozzle. Jika ring nozzle rusak, maka rumah nozzle tidak dapat menempel sempurna pada cylinder head. Akibatnya terdapat kebocoran kompresi pada celah keduanya.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya ganti ring nozzle dengan yang baru. Namun, jika susah untuk mendapatkannya, kita bisa mengatasinya dengan membungkus ujung rumah nozzle dengan sealtape.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kompresi mesin diesel hilang dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top