Home » Info Baru » Alat – Alat Bengkel Dan Fungsinya

Alat – Alat Bengkel Dan Fungsinya

alat+alat+bengkel+dan+fungsinya
Alat – Alat Bengkel Dan Fungsinya

Alat – Alat Bengkel Dan Fungsinya – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang alat-alat bengkel. Bagi yang masih bingung dalam penggunaan dan membedakan nama-nama peralatan yang ada di bengkel, berikut ini akan diulas beserta fungsinya masing-masing.

Usaha perbengkelan memang dapat dikatakan sebuah bisnis yang dapat menjangkau jangka panjang. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna kendaraan sepeda motor atau mobil dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun, jika baru akan merintis, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari mekanik yang berpengalaman dan juga perlengkapan bengkel tersebut.

Dalam kegiatan servis bongkar pasang baik motor atau pun mobil, setiap montir atau mekanik pasti menggunakan sejumlah peralatan yang ada di bengkel. Dan tentunya peralatan tersebut jumlahnya tidak sedikit. Karena, alat-alat bengkel memiliki berbagai variasi bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Namun, pada dasarnya alat-alat bengkel digolongkan menjadi dua macam, yaitu hand tools (peralatan tangan) dan machine tools (peralatan mesin). Hand tools adalah peralatan yang digunakan secara manual menggunakan tenaga manusia. Sedangkan machine tools merupakan alat-alat yang penggunaanya dibantu oleh tenaga pendukung, seperti angin dan energi listrik. Untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam peralatan yang ada di bengkel, silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Alat – Alat Bengkel Dan Fungsinya

1. Kunci Pas

Kunci pas merupakan alat bengkel yang digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut dan mur. Biasanya pakai pada baut atau mur yang tidak bisa dilepas oleh kunci ring. Bentuknya mirip rahang yang terbuka dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, kunci pas ini sangat rawan merusak kepala baut atau mur. Sehingga biasanya digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut yang memiliki torsi rendah.

2. Kunci Ring

Kunci ring memiliki tekanan yang lebih kuat dari pada kunci pas. Sehingga sangat cocok digunakan untuk membuka dan mengunci baut dan mur yang memiliki torsi cukup tinggi. Bentuk dari kunci ring ini yaitu berupa lingkaran yang memiliki gigi pada lubangnya. gigi-gigi tersebut bertujuan agar pengikatan pada kepala baut atau mur lebih kencang.

3. Kunci Pas Ring (Kombinasi)

Kunci pas ring adalah kombinasi dari kunci pas dan kunci ring. Pada satu ujungnya berupa kunci pas dan pada ujung lainnya berbentuk kunci ring. Kunci bengkel yang satu ini berfungsi untuk melepas dan mengencangkan baut dan mur. Ketika membuka pertama kali biasanya digunakan yang kunci ring. Kemudian diteruskan dengan kunci pas agar proses pelepasan baut atau mur menjadi lebih cepat.

4. Kunci T

Kunci T merupakan alat bengkel yang digunankan untuk membuaka dan mengencangkan baut pada area yang susah dijangkau oleh kunci pas dan ring. Biasanya baut yang letaknya agar menjorok ke dalam dari permukaan. Bentuknya dari kunci T ini berupa soket yang memiliki gagang pemutar pada ujungnya.

5. Obeng

Obeng merupakan peralatan bengkel yang berfungsi untuk membuka sekrup. Pada umumnya, obeng yang sering digunakan adalah jenis obeng puls (+) dan obeng min (-). Karena, sebagian besar sekrup yang terdapat pada kendaraan berupa kepala baut yang memiliki bentuk plus dan min. Sehingga, banyak obeng yang memiliki ujung plus dan min dalam satu obeng yang dapat digunakan bolak-balik.

6. Obeng Ketrok

Obeng ketrok merupakan variasi dari jensi obeng. Dinamakan obeng ketrok karena penggunaanya harus diketuk dengan palu. Obeng ini berfungsi untuk membuka dan mengunci sekrup yang memiliki torsi yang kuat. Yaitu dengan cara menghentakan melalui ketukan. Obeng ketrok ini memiliki mata obeng yang dapat diganti-ganti. Dan biasanya terdapat beberapa sett di dalam kotaknya.

7. Tang

Ada beberapa jenis tang yang sering digunakan dibengkel. Diantaranya yaitu tang potong, tang kombinasi, tang lancip, tang geser, tang sirklip dalam, tang sirklip luar, dan tang buaya. Namun, pada umumnya fungsi tang tersebut yaitu sebagai penjepit dan pemotong. Sehingga dalam pemakaiannya menyesuaikan spare part atau benda yang akan dijepit atau di potong.

8. Kunci L Dan Kunci Bintang

Kunci L dan kunci bintang berfungsi untuk melepas dan mengunci baut yang memiliki kepala baut berbentuk khusus, yaitu segi enam dan bentuk bintang. Bentuk kedua kunci ini sangat mirip. Yang membedakannya yaitu tangkainya. Dimana tangkai kunci L berbentuk segi enam, sedangkan pada kunci bintang berbentuk bulat.

9. Kunci Inggris

Kunci inggris merupakan alat bengkel yang digunakan untuk membuka dan mengunci batu dan mur yang berukuran besar. Bentuknya berupa rahang yang dapat disetel. Sehingga, kunci inggris ini dapat digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut mengikuti ukuran baut atau murnya. Cara penggunaanya yaitu meletakan rahang pada baut yang akan dilepas atau dikencangkan terlebih dahulu. Kemudian, putar ulirnya untuk mengepaskan ukuran kepala baut atau murnya sampai terkunci.

10. Kunci Shock

Kunci shock merupakan satu sett kunci yang terdiri dari beberapa ukuran. Kunci shock ini berbentuk tabung dan memiliki gagang yang berbentuk siku. Ada juga yang gagang tambahan yang berfungsi untuk melepas dan mengencangkan baut yang letaknya sempit dan jauh yang susah dijangkau dengan kunci pas atau kunci ring.

11. Kunci Busi

Bengkel motor atau bengkel mobil pasti memiliki kunci busi. Karena kunci ini didesain khusus untuk membuka dan memasang busi yang letaknya susah dijangkau oleh kunci biasa.

12. Thread Gauge

Thread gauge merupakan alat bengkel yang berfungsi untuk mengetahui ukuran ulir pada baut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur baut yang patah dan hendak membeli baut baru yang belum diketahui ukuran ulirnya.

13. Feller Gauge

Feller gauge adalah alat yang dipakai untuk mengukur jarak kerenggangan celah klep atau coil CDI. Alat ini berupa plat stainless tipis yang memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda pada setiap platnya.

14. Jangka Sorong

Alat bengkel yang satu ini wajib dimiliki setiap bengkel otomotif. Jangka sorong merupakan alat ukur yang paling akurat di dunia permesinan. Alat ini mampu mengukur jarak, diameter luar, diameter dalam dan kedalaman sebuah benda.

15. Palu

Palu juga merupakan alat bengkel yang penting. Dan biasanya setiap bengkel memiliki dua buah jenis palu yang dipakai, yaitu palu besi dan palu karet. Fungsi palu pada umumnya yaitu untuk mengetuk benda. Namun, banyak juga yang digunakan untuk menyambung kunci shock agar lebih ringan dalam melepas baut dan mur berukuran besar.

16. Tap Baut

Tap merupakan alat yang berfungsi untuk membuat lubang ulir baru atau memperbaiki ulir yang rusak. Alat ini memiliki gagang yang digunakan untuk memutar mata tap tersebut.

17. Snei

Snei merupakan lawan dari tap. Jika tap digunakan untuk membuat ulir pada lubang, snei ini berfungsi untuk membuat ulir pada baut. Alat ini juga memiliki gagang untuk memutar mata snei.

18. Multitester

Di dunia perbengkelan, multitester sering digunakan untuk mengecek jalur kelistrikan yang mengalami korsleting atau mencari jalur kabel yang putus. Sehingga alat ini sangat penting dan perlu ada di bengkel.

19. Mesin Las

Bukan hanya di area proyek industri, mesin las juga sering digunakan di area bengkel. Misalnya untuk melepas baut yang susah dibuka, atau untuk membuat komponen modifikasi pada motor dan mobil.

20. mesin Bor

Sebagai alat yang berfungsi untuk membuat lubang, alat ini juga penting ada di bengkel. Karena biasanya banyak lubang baut yang rusak dan harus dibor terlebih dahulu sebelum di tap.

21. Mesin Gerinda

Mesin gerinda sering digunakan di bengkel untuk memotong bagian-bagian yang mengganggu ketika melakukan modifikasi atau penambahan aksesoris pada motor dan mobil.

22. Sekrap

Sekrap merupakan plat tipis dan memiliki gagang yang digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor dan susah hilang. Seperti bekas packing atau kerak yang menempel pada silinder head dan piston. Sehingga, alat ini sangat penting ada di bengkel.

23. Pahat

Alat yang sering dipakai oleh tukang kayu ini juga perlu ada di bengkel. Biasanya digunakan untuk melepas baut atau mur yang susah dibuka. Selain itu, alat ini juga dipakai untuk membuat goresan lada bagian yang perlu ditandai.

24. Tracker

Tracker merupakan alat bengkel yang digunakan untuk melepas bearing atau komponen berbentuk bulat seperti roda gila, puli, dan lain-lain. Jenis tracker juga bermacam-macam. Seperti tracker kaki dua dan tracker kaki tiga.

25. Kompresor

Setiap bengkel pasti memiliki kompresor. Alat ini berfungsi sebagai sumber angin yang digunakan untuk hal-hal seperti servis karburator, memompa ban, dan mengoperasikan alat-alat yang mesin lainnya.

26. Solder

Solder merupakan alat kelistrikan yang berfungsi untuk menyambung kabel atau alat listrik lainnya. Sehingga alat ini juga penting ada di bengkel untuk menyambung kabel-kabel lampu yang putus atau untuk memasang aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan.

27. Ragum

Ragum merupakan alat penjepit yang berbentuk rahang yang dapat menyempit dan melebar. Alat ini biasanya digunakan untuk menjepit benda yang akan dipotong. Namun, banyak juga yang menggunakannya untuk menahan bagian-bagian yang susah dilepas.

28. Kikir

Kikir juga penting ada di bengkel. Alat ini berfungsi untuk melebarkan lubang yang kurang lebar. Berdasarkan bentuknya, kikir memiliki beberapa jenis, seperti kikir segitiga, kikir bulat, dan kikir setelah lingkaran.

Itulah beberapa alat-alat bengkel dan fungsinya. Alat-alat yang telah disebutkan di atas merupakan alat-alat yang tergolong paling sering dijumpai di bengkel. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top