Home » Info Baru » Kunci Kombinasi (Pas Ring) dan Fungsinya

Kunci Kombinasi (Pas Ring) dan Fungsinya

kunci+kombinasi
Kunci Kombinasi

Kunci Kombinasi (Pas Ring) dan Fungsinya – Selain kunci pas dan kunci ring, ada juga yang namanya kunci kombinasi (combination wrench). Kunci kombinasi adalah gabungan antara kunci pas dan kunci ring. Dimana kedua jenis kunci tersebut berada pada satu tangkai. Pada ujung satu terdapat kunci pas dan ujung yang satunya lagi berbentuk kunci ring.

Fungsi kunci kombinasi ini yaitu saling melengkapi kekurangan yang terdapat pada kunci pas dan ring. Ketika akan membuka atau memasang baut dan mur yang berada di posisi ruang sempit, maka disitulah tugas kunci ring. Sedangkan untuk mempercepat pelepasan atau pemasangan, maka kunci pas yang digunakan.

Kontruksi kunci kombinasi ini berupa kedua jenis kepala dengan ukuran hexagonal dengan ukuran yang sama. Misalnya kunci pas 10 mm dan kunci ring 10 mm. Sedangkan sudut kemiringan pada kedua ujung kunci (offset) yaitu 15°. Ukuran kunci kombinasi ini berkisar antara 6 mm sampai 32 mm.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kunci kombinasi ini sama dengan kunci-kunci lainnya, yaitu percampuran antara besi baja dan chrome vanadium. Sehingga memiliki kekuatan dalam membuka atau mengencangkan baut dan mur tanpa merusak rahang mau pun lubang kunci.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong

Meskipun kunci kombinasi ini sangat praktis dalam penggunaannya, namun moment pengencangan yang diberikan kecil. Selain itu, kunci ini tidak dapat menjangkau bagian dengan tingkat kecekungan yang dalam seperti yang dilakukan kunci shock. Oleh sebab itu, kunci kombinasi ini hanya untuk digunakan pada baut atau mur yang berada di permukaan dan memiliki moment kekencangan yang tidak terlalu besar.

Demikanlah pembahasan mengenai pengertian dan fungsi dari kunci kombinasi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top