Home » Info Baru » Fungsi Kunci Inggris: Ukuran Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Kunci Inggris: Ukuran Dan Cara Menggunakannya

fungsi+kunci+inggris
Fungsi Kunci Inggris

Fungsi Kunci Inggris – Kunci inggris merupakan salah satu jenis kunci yang sebagai pelengkap peralatan bengkel. Fungsi kunci inggris adalah untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur dengan moment kekencangan yang tidak terlalu berat.

Kunci ini biasanya hanya digunakan untuk melepas atau mengencangkan ukuran kepala baut yang ukurannya tidak sesuai dengan kunci pas atau kunci ring. Karena, kunci inggris ini memiliki mulut rahang yang dapat diatur jarak kerenggangannya.

Kontruksi kunci inggris terdiri dari gagang kunci, ulir penyetel rahang, rahang tetap dan rahang geser. Bagian-bagian kunci inggris tersebut memili fungsi masing-masing. Gagang kunci berfungsi sebagai tuas ayun, ulir penyetel berfugnsi untuk membuka dan memutup mulut rahang. Sedangkan rahang tetap dan rahang geser digunakan untuk mengunci kepala baut yang akan dilepas atau dikencangkan.

Ukuran kunci inggris memiliki satuan inchi. Mulai dari 4 inchi sampai 24 inchi. Sedangkan untuk jarak main (maksimal) pada rahang kunci inggris berkisar antara 1/2 inchi (13 mm) sampai 7/16 inchi (62 mm) tergantung dari ukuran kunci inggrisnya. Sebagai contoh, ketika akan menggunakan kunci inggris 4 inchi yang memiliki jarak maksimal rahang 13 mm. Maka ukuran kepala baut di atas 13 mm tidak dapat dibuka dengan kunci inggris 4 inchi tersebut.

Cara menggunakan kunci inggris harus diperhatikan dengan benar. Karena penggunaan yang salah dapat merusak kepala baut menjadi rusak. Pastikan posisi kedua rahang berada pada sisi sejajar kepala baut yang akan dibuka. Jangan sampai menempatkan rahang kunci inggris tersebut pada bagian sudut kepala baut.Selain itu, pastikan juga kedua rahang telah mengunci kepala baut dengan sempurna (tidak longgar).

Baca Juga :  Harga Mesin Pres Minuman (Cup Sealer)

Dalam penggunannya, kita juga harus memperhatikan arah rahang tetap pada saat menggunakan kunci inggris. Jika kita akan membuka baut dengan memutar arah ke kiri, maka tempatkan posisi rahang tetap berada di sebelah kiri. Begitu sebaliknya, jika kita akan mengencangkan baut dengan memutar ke arah kanan, maka tempatkan mulut rahang tetap berada di sebelah kanan.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi kunci inggris beserta ukuran dan cara penggunannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top