Home » Info Baru » Cara Memasang Dan Menyetel CDI

Cara Memasang Dan Menyetel CDI

cara memasang dan menyetel cdi
Cara Memasang Dan Menyetel CDI

Cara Memasang Dan Menyetel CDI – Penggantian CDI pada mesin GX 160 memang merupakan hal yang jarang terjadi. Namun, jika hal itu terjadi, kita harus mengetahui cara memasang dan menyetel CDI dengan benar. Karena jika CDI tidak terpasang dengan benar, maka performa mesin akan menjadi menurun.

CDI merupakan bagian pada mesin GX 160 yang memiliki peranan penting pada sistem pengapian. Pengapian itu sendiri merupakan kerjasama antara perputaran roda magnet, CDI, dan busi. Hal yang terjadi jika pemasangan CDI kurang tepat pada mesin GX 160 adalah :
1. Mesin akan cepat panas dan dapat berhenti dengan sendirinya. Dan mesin akan susah hidup jika kita mencoba menghidupkannya kembali.
2. Performa mesin akan menurun.
3. Busi tidak tahan lama dan gampang mati. 
4. Bunyi mesin tidak stabil, meletup – letup dan brebet.
Jika mesin mengalami hal seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya dilakukan penggantian pada bagian CDI. Agar mesin dapat stabil dan memiliki performa kinerja yang maksimal. 
Berikut ini merupakan uraian mengenai langkah – langkah penggantian CDI. Yaitu bagaimana cara melepas, memasang, dan menyetel CDI pada mesin GX 160.

Cara Memasang Dan Menyetel Jarak CDI


1. Bukalah cover fun atau penutup mesin yang berada di samping mesin dengan melepas 4 baut penguncinya. Lepaskan juga kabel massa yang melekat pada tombol power.
2. Lepaskan CDI dengan membuka 2 baut penguncinya. Lepaskan juga cup busi agar CDI dapat diambil dengan mudah.
3. Pasang CDI yang baru pada tempatnya dan pasang juga kedua baut penguncinya. Namun baut pengunci jangan dikencangkan dulu untuk tahap penyetelan.
4. Posisikan letak magnet pada roda magnet tidak berdekatan dengan CDI agar tidak menempel.
5. Atur jarak kerenggangan antara CDI dan roda magnet sekitar 0,2 mm sampai 0,4 mm menggunakan fuller gauge. Yaitu dengan cara meletakan fuller gauge tersebut diantara CDI dan roda magnet. Kemudian kencangkan baut pengunci CDI sambil menekan CDI tersebut agar tidak goyang.
6.  Setelah kedua baut CDI terpasang dengan kuat, lepaskan fuller gauge dengan cara memutar roda magnet tersebut.
7. Pasang kembali tutup mesin dan kabel massa pada tombol power. Selesai.
Begitulah kira – kira sedikit penjelasan tentang cara melepas, memasang, dan menyetel jarak kerenggangan CDI pada mesin GX 160. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top