Home » Servis » Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

cara+memasang+otomatis+pompa+air+shimizu
Otomatis Pompa Air Shimizu

Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu – Otomatis merupakan komponen yang terdapat pada mesin pompa air. Fungsinya adalah untuk menghidupkan dan mematikan mesin secara otomatis. Jika komponen ini rusak, maka secara otomatis harus diganti. Nah, berikut akan dijelaskan cara melepas dan memasang otomatis pompa air shimizu.

Sebelumnya, sedikit akan dijelaskan cara kerja otomatis pompa air.Secara singkatnya, otomatis akan menghidupkan mesin jika kran air dibuka. Begitu sebaliknya, jika kran air ditutup, maka otomati akan bekerja mematikan mesin.

Cara pasang otomatis pompa air sebenarnya tidak begitu sulit. Hal penting yang harus diperhatikan adalah sambungan kabel yang terdapat pada otomatis pompa air. Jika sampai terjadi kesalahan dalam penyembungan kabel, maka otomatis tidak akan dapat bekerja. Bagi yang masih bingung measang otomatis pompa air serk shimizu, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

Sebelum melakukan pemasangan, tentu saja otomatis pompa air harus dilepas terlebih dahulu. Setelah terlepas barulah memasang dan mengatur otomatis agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Berikut merupakan langkah-langkah memasang otomatis pompa air merk shimizu:

  • Siapkan alat dan material yang diperlukan, seperti otomatis pompa air, kunci inggris, sealtape, isolatip, gunting, obeng, dan lain-lain.
  • Sebelum melepas otomatis pompa air, hal penting yang harus dilakukan adalah melepas kabel power mesin pompa air dari sumber listrik.
  • Buang air yang tersisa pada mesin pompa air dengan cara membuka kran sampai air tuntas tidak mengalir.
  • Potong kabel dengan menggunakan gunting, usakan memotongnya tidak terlulu pendek agar tidak kesusahan dalam penyembungan kabelnya.
  • Lepas otomatis pompa air dengan cara memutar ke arah kiri dengan menggunakan kunci inggris.
  • Balut ulir dudukan otomatis menggunakan sealtape agar nantinya tidak mengalami kebocoran.
  • Pasang otomatis yang baru menggunakan tangan, kemudian kencangkan dengan menggunakan kunci inggris.
  • Sambung kabel otomatis pompa air dengan kabel yang telah diputus sebelumnya. Penyambungan kabel bebas dapat dilakukan secara bolak-balik.
  • Bungkus sambungan kabel menggunakan isolatip. Pastikan kabel terbungkus dengan sempurna untuk menghindari konsleting atau efek kesetrum ketika mesin pompa air dinyalakan.
  • Jika semua sudah beres, lalukan percobaan dengan hidupkan mesin. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah otomatis dapat bekerja dengan baik.
  • Jika terjadi masalah seperti mesin tidak hidup atau malah tidak dapat berhenti, lakukan pengaturan pada baut penyelel yang terdapat di dalam otomatis. Caranya yaitu dengan membuka dua buah sekrup yang terdapat pada body otomatis, kemudian gunakan obeng untuk memutar baut penyetel ke arah kiri atau kanan sampai otomatis dapat bekerja dengan baik.
  • Jika penyetelan telah selesai, tutup kembali body otomatis dan kunci dengan sekrup yang sebelumnya dilepaskan.
Baca Juga :  Cara Mengganti Saklar Mesin Gerinda

Demikianlah pembahasan mengenai cara memasang otomatis pada mesin pompa air shimizu. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published.