Servis Cara Mengganti Laher Mesin Diesel Kubota

Cara Mengganti Laher Mesin Diesel Kubota

cara+mengganti+laher+mesin+diesel
Cara Mengganti Laher Mesin Diesel Kubota

Cara Mengganti Laher Mesin Diesel Kubota – Meskipun mesin diesel kubota telah terbukti memiliki kualitas yang bagus, namun bukan berarti telepas dari masalah yang mungkin terjadi. Penggunaan dalam jangka panjang dan perawatan yang terlupakan, menjadikan satu penyebab kerusakan pada beberapa komponennya. Diantaranya yaitu laher (main bearing), dimana komponen tersebut selalu bergerak untuk menopang crankshaft yang selalu berputar dalam rpm tinggi ketika mesin hidup.

Laher (main bearing) pada mesin diesel ada dua buah yang masing-masing menempel pada dinding sebelah kanan dan kiri crankcase. Karena terletak di bagian yang dalam, sehingga apabila terjadi kerusakan pada laher tersebut, maka kita harus menggantinya dengan cara membongkar seluruh komponen mesin diesel. Ada pun tanda-tanda mesin diesel kubota yang mengalami masalah pada bagian laher utama. Diantaranya yaitu :

  • Mesin diesel berbunyi kasar ketika dihidupkan.
  • Bunyi mesin diesel tidak stabil.
  • Putaran roda gila bergoyang tidak beraturan.
  • Terjadi kebocoran oli pada bagian seal roda gila.
  • Jika roda gila digoyangkan dengan tangan, maka terasa koclak

Jika mesin diesel kubota mengalami tanda-tanda seperti di atas, maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada main bearing. Sehingga, perlu melakukan penggantian pada bearing tersebut agar mesin diesel kembali normal. Untuk menggati kedua laher tersebut, maka kita harus melepasnya dari dudukannya. Barulah setelah itu kita dapat memasang bearing yang baru.

Cara Mengganti Laher Mesin Diesel Kubota

Upaya penggantian laher pada mesin diesel membutuhkan dua tahapan, yaitu tahap melepas dan memasang laher tersebut. Dan sebelum itu, kita harus menyediakan alat-alat yang digunakan untuk pembongkaran dengan lengkap. Seperti kunci pas, kunci ring, kunci shock, traker bearing, palu, dan sebagaianya. Dan berikut merupakan langkah-langkah cara mengganti laher mesin diesel kubota.

1. Tap oli terlebih dahulu agar tidak berceceran ketika pembongkaran. Keluarkan juga air pendingin yang berada pada radiator.

2. Mulailah dengan melepas pipa solar dan injektor (rumah nozzle). Kemudian teruskan dengan membuka bagian silinder head.

3. Buka tutup crankcase di bagian belakang mesin untuk melepas membuka baut tangkai piston dan melepaskan piston dari blok silinder.

4. Bukalah cover crankcase untuk melepaskan governor dan roda gigi yang melekat pada crankshaft.

5. Lepaskan roda gila, kemudian buka baut house bearing yang terletak pada dinding crankcase.

6. Lepaskan crankshaft dengan cara mengetok dari arah depan (ruang roda gigi timing).

7. Lepakan house bearing dan gigi crankshaft terlebih dahulu untuk melepas kedua laher utama yang melekat pada crankshaft. Untuk melepas giginya menggunakan tracker gear dan traker kaki tiga untuk melepas lahernya. Jika tidak memiliki alatnya, bisa menggunakan alternatif lain, yaitu denganmengetok langsung laher tersebut dengan dilandasi betel. Namun, cara ini tidak dianjurkan selama ada tracker, karena dapar merusak komponen yang dilepas.

8. Jika kedua laher telah terlepas, saatnya memasang laher yang baru.

9. Jika kedua laher telah terpasang, rangkai kembali bagian-bagiann yang terlepas tadi secara benar dan berurutan. Jika terdapat packing yang rusak, sebaiknya ganti juga untuk menghindari kecocoran oli mesin.

10. Jika semua komponen telah terpasang dengan benar, isilah mesin diesel dengan oli pelumas seperti semula. Tuangkan juga air pendingin pada radiator sampai penuh. Kemudian, cobalah untuk menghidupkan mesin disel dan rasakan perbedaannya.

Demikanlah ulasan pembahasan mengenai cara mengganti laher mesin diesel kubota. Bagi anda yang sedang mengalami kerusakan pada laher mesin diesel kubota dan ingin menggantinya sendiri, silahkan mencoba dengan cara yang telah diuraiakn seperti di atas. Dan utamakan keselamayan kerja dengan baik. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *