Home » Servis » Cara Servis Karburator Mesin Pompa Air Honda

Cara Servis Karburator Mesin Pompa Air Honda

cara+servis+karburator+mesin+pompa+air
Cara Servis Karburator Mesin Pompa Air Honda

Cara Servis Karburator Mesin Pompa Air Honda – Mesin pompa air merk honda memang telah terbukti lebih awet dan memiliki tenaga yang tangguh dalam menyedot air. Namun, semua itu tergantung dari cara perawatan dan servis yang dilakukan masing-masing pemiliknya. Karena, mesin sebagus apapun jika tidak dipelihara dengan benar, maka akan cepat rusak.

Salah satu perawatan pada mesin pompa air yang harus dilakukan secara rutin adalah membersihkan karburator. Sebagai komponen penting yang sangat mempengaruhi performa mesin, maka sebaiknya lakukan servis serutin mungkin. Karena, karburator merupakan tempat mencampurkan komposisi udara dan bahan bakar. Dimana kedua partikel tersebut harus seimbang agar tenaga mesin dapat maksimal.

Untuk melakukan servis karburator pada mesin pompa air, caranya juga mudah. Namun, bagi yang belum tahu, berikut akan diuraikan mengenai langkah-langkah membersihkan karburator mesin pompa air yang benar.

Cara Servis Karburator Mesin Pompa Air Honda

Sebelum mempraktekan untuk melakukan servis pada karburator mesin pompa air, sebaiknya sediakan dulu peralatan yang akan digunakan. Diantaranya yaitu, obeng plus dan min, kunci ring 10 mm, kuas, kawat kecil, kain lap, bensin, dan tempat untuk mencuci. Dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan karburator dari dudukannya, yaitu dengan melepas filter udara, kawat gas, dan selang bensin.

2. Jika karburator sudah terlepas, mulailah dengan melepas baut stasioner, baut setelan angin, dan spuyer angin yang terletak di bagian luar karburator.

3. Kemudian lepaskan baut mangkuk karburator menggunakan kunci pas 10 mm.

4. Lepaskan pelampung dan jarum karburator dengan menggeser pin penguncinya.

5. Lepaskan spuyer bahan bakar yang terletak di dalam lubang tengah menggunkaan obeng min.

6. Tuangkan bensin ke dalam wadah, dan masukan seluruh komponen yang terlepas ke dalam wadah tersebut. Kemudian gunakan kuas untuk mencuci seluruh bagian yang dilepaskan. Kemudian letakan pada kain supaya cepat kering.

7. Untuk membersihkan spuyer udara dan spuyer bahan bakar, gunakan kawat kecil untuk melubangi celah-celahnya sampai lubangnya benar-benar terbebas dari kotoran. (jika ada kompresor, gunakan untuk menyemprotnya).

8. Rangkai kembali bagian-bagian yang telah dibersihkan. Pastikan terpasang pada tempatnya masing-masing dan tidak ada yang tertinggal.

9. Pasang karburator pada dudukannnya, kemudian pasang kembali selang bensin dan kawat gasnya ke karburator. Setelah itu, pasang juga filter udara dan kencangkan mur penguncinya.

10. Cobalah untuk mengidupkan mesin. Kemudian setel baut setelan angin dan baut stasionernya hingga suara mesin halus tanpa tersendat-sendat. Selesai.

Demikanlah pembahasan mengenai cara servis karburator mesin pompa air honda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top