Home » Servis » Cara Melepas Boring Mesin Diesel

Cara Melepas Boring Mesin Diesel

cara melepas boring mesin diesel
Cara Melepas Boring Mesin Diesel
Cara Melepas Boring Mesin Diesel – Pada mesin penggerak diesel, boring merupakan sebuah ruang kompresi dan tempat terjadinya  proses pembakaran. Boring ini memiliki umur dan harus diganti. Oleh karena itu, boring tersebut dapat aus jika sudah waktunya.

Boring pada mesin penggerak diesel berbeda dengan boring yang terdapat pada mesin bensin. Pada mesin penggerak bensin, jika boring telah aus, masih dapat diperbaiki dengan melakukan korter atau oversize. Namun, boring pada mesin diesel tidak bisa di korter dan harus diganti jika mengalami kerusakan.

Apabila boring mengalami kerusakan, maka mesin diesel akan susah dihidupkan, atau bahkan mungkin tidak dapat hidup sama sekali. Sehingga jika terjadi masalah seperti itu, kita harus mengecek keadaan boring. Dan jika mengalami kerusakan, maka harus mengganti boring tersebut. Untuk cara pemasangnnya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai cara melepas dan memasang boring pada mesin diesel.

Cara Melepas Dan Memasang Boring Mesin Diesel

1. Lepaskanlah semua bagian – bagian depan mesin penggerak diesel, seperti filter udara, knalpot, hight pipe pressure ( saluran solar ), cover bonnet, rocker arm, push road, dan silinder head.

2. Bukalah tutup bagian belakang mesin penggerak diesel tersebut, kemudian lepaskan 2 buah baut pengunci tangkai piston. Setelah itu, keluarkan piston dengan cara mendorong tangkai piston kearah luar.

3. Kemudian lepaskan boring tersebut dengan menggunakan besi panjang atau bisa juga menggunakan kayu yang kuat. Yaitu dengan cara menempelkan ujung besi pada bibir boring yang terletak di dalam ruang mesin dan mengetuk besi tersebut menggunakan palu dengan kuat.

4. Setelah boring terlepas, bersihkan tempat boring tersebut dan pasanglah dengan boring yang baru. Sebelum memasang boring, jangan lupa untuk memasang karet boring pada alur tempat karet boring tersebut.

5. Pasanglah dengan memasukan boring dari bagian luar. Kemudian gunakanlah kayu untuk mengetuk boring tersebut agar terpasang tepat pada tempatnya.

6. Kemudian pasanglah kembali semua bagian yang terlepas tadi mulai dari piston dan tangkai piston.

7. Setelah itu, pasanglah juga bagian – bagian depan mesin penggerak diesel tersebut yang terlepas tadi secara benar dan berurutan.

8. Jika diperlukan, gantilah oli mesin sebelum mesin penggerak diesel tersebut dihidupkan. Karena biasanya terdapat kotoran yang masuk dan bercampur dengan oli mesin ketika melakukan pembongkaran untuk melepas boring tersebut.

Begitulah kiranya sedikit penjelasan mengenai cara melepas boring mesin diesel. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top