Home » Servis » Cara Memperbaiki Mesin Bor Mati

Cara Memperbaiki Mesin Bor Mati

cara memperbaiki mesin bor mati
Cara Memperbaiki Mesin Bor Mati
Cara Memperbaiki Mesin Bor Mati – Mesin bor merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada permukaan bidang kerja seperti kayu dan besi. Alat ini sangat praktis dalam membantu menyelesaikan perkerjaan kita dalam pembuatan lubang. Oleh karena itu, pemeliharaan pada mesin bor listrik ini harus kita perhatikan agar terhindar dari permasalahan yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Namun pada kenyataannya, meskipun kita telah berusaha merawat mesin bor listrik ini dengan baik, terkadang muncul permasalahan juga. Dan masalah yang sering muncul pada mesin bor tangan ini yaitu mesin tiba-tiba mati pada saat digunakan. Dan pastinya masalah tersebut akan mengganggu kita dalam bekerja.

Mesin bor yang tiba-tiba mati pada saat digunakan, sebenarnya masih dapat diperbaiki. Bagi yang sedang mengalami permasalahan tersebut, tidak perlu khawatir dan tergesa-gesa untuk membeli mesin bor yang baru. Karena siapa tau mesin bor listrik tersebut masih bisa untuk diperbaiki. Dan berikut ini merupakan penyebab dari mesin bor yang mati dan sedikit penjelasan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Mesin Bor Mati

1. Kabel Power Putus Karena Terbakar

Penyebab yang pertama yaitu kabel power putus dikarenakan terbakar. Biasanya permasalahan ini terjadi karena kwalitas dari kabelnya yang kurang bagus sehingga apabila mesin bor kita hidupkan, kabel akan cepat panas dan lama – kelamaan akan putus terbakar.

Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan memotong kabel yang putus terbakar tadi dan menyambungkannya kembali. Lalu bungkuslah sambungan kabel tersebut dengan menggunakan isolatip.

2. Saklar Rusak

Penyebab yang kedua adalah saklar pada mesin bor listrik tersebut mengalami kerusakan, sehingga saklar tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi dari saklar itu sendiri adalah penyambung dan pemutus aliran listrik. Namun apabila saklar tersebut mengalami kerusakan, maka aliran listrik akan terhenti dan mesin bor tidak akan bisa dihidupkan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti saklar yang telah rusak tersebut dengan yang baru. Karena saklar pada mesin bor listrik ini biasanya terbuat dari lapisan plastik yang dicetak secara tertutup dan tidak dapat dibongkar.

3. Carbon Brush Habis

Penyebab yang ketiga yaitu carbon brush telah habis. Carbon brush yang habis ini biasanya dikarenakan oleh pemakaian mesin bor listrik dalam jangka waktu yang lama. Habisnya carbon brush ini diakibatkan oleh gesekan antara kolektor rotor dengan carbon brush itu sendiri yang memang terbuat dari bahan yang lunak.

Jika mengalami carbon brush habis, maka ambilah sisa carbon brush tersebut yang terletak pada rumah carbon brush. Kemudian pasanglah carbon brush yang baru yang sesuai dengan ukuran carbon brush yang lama.

Itulah sedikit ulasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki mesin bor mati total. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top