Home » Info Baru » Perbedaan Motor (Mesin) 2 Tak Dan 4 Tak

Perbedaan Motor (Mesin) 2 Tak Dan 4 Tak

perbedaan+motor+2+tak+dan+4+tak
Perbedaan Motor 2 Tak Dan 4 Tak

Perbedaan Motor (Mesin) 2 Tak Dan 4 Tak – Pasti kita sering mendengar istilah motor atau mesin 2 tak dan 4 tak pada dunia otomotif. Kedua jenis mesin tersebut memang sering ditemui di bengkel-bengkel sepeda motor. Lalu, tahukah apa perbedaan antara motor 2 tak dan 4 tak?

Perlu diketahui bahwa motor 2 tak dan 4 tak merupakan jenis mesin yang menggunakan pembakaran dalam. Perbedaan dari kedua motor bakar tersebut terletak pada cara kerjanya. Pada motor 2 tak, untuk melakukan pembakaran hanya membutuhkan 2 langkah piston. Sedangkan pada motor 4 tak, piston harus bergerak 4 langkah untuk melakukan proses pembakaran.

Selain perbedaan, motor 2 tak dan 4 tak juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mesin 2 tak lebih boros bahan bakar jika dibandingkan dengan motor 4 tak. Namun, motor 2 tak memiliki akselerasi lebih cepat ketimbang motor 4 tak. Untuk mengetahui apa saja perbedaan motor 2 tak dan 4 tak, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Motor (Mesin) 2 Tak Dan 4 Tak

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak terletak pada langkah atau cara kerjanya. Langkah kerja tersebutlah yang mendasari penamaan motor 2 langkah dan motor 4 langkah. Berikut merupakan penjelasan mengenai cara kerja motor 2 tak dan 4 tak.

A. Cara Kerja Motor 2 Tak

Motor 2 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang melakukan satu kali siklus kerja hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol. Satu putaran engkol pada motor 2 tak mengakibatkan dua langkah piston, yaitu maju dan mundur.

Bentuk mesin 2 tak rata-rata memiliki struktur kontruksi yang sederhana. Namun, tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar dari pada mesin 4 tak. Sementara itu, kekurangan dari mesin 2 tak yaitu menghasilkan polusi udara yang tinggi. Cara kerja dari motor 2 tak yaitu sebagai berikut:

1. Langkah Piston Dari TMA ke TMB

Ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), akan melewati lubang pembuangan dan lubang penghisapan sebelum mencapai TMB. Pada saat piston melewati lubang pembuangan, gas sisa pembakaran akan keluar melalui lubang pembuangan.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

Sedangkan ketika piston melewati lubang penghisapan, maka gas yang berada diruang bilas akan terpompa menuju ruang bakar.

2. Langkah Piston Dari TMB ke TMA

Pergerakan piston dari TMB ke TMA akan menghisap udara dan bahan bakar dari karburator menuju ke dalam ruang bilas. Setelah piston melewati lubang penghisapan dan lubang pembuangan, ruang bakar akan terkompresi oleh laju piston.

Beberapa saat sebelum piston berada di TMA, busi akan memercikan bunga api dan terjadilah pembakaran. Setelah terjadi pembakaran piston akan terdorong kembali menuju ke TMB dan melewati proses pada langkah nomer 1 dan begitu seterusnya.

B. Cara Kerja Motor 4 Tak

Dapat dikatakan untuk kontruksi motor 4 tak lebih rumit dari motor 2 tak. Meskipun begitu, tingkat keefisiensinya lebih bagus dan sedikit menghasilkan polusi udara. Hal ini di sebabkan oleh motor 4 tak memiliki bahan bakar murni dan oli pelumas yang terpisah. Oleh sebab itu, motor 4 tak banyak digunakan pada semua jenis mesin, seperti sepeda motor, mobil, mesin kapal, dan mesin diesel.

Motor 4 tak itu sendiri merupakan jenis mesin pembakaran dalam yang memiliki empat siklus kerja dalam melakukan pembakaran. Empat siklus tersebut mengharuskan piston bergerak 4 kali, sehingga poros engkol pun harus berputar dua kali untuk melakukan satu kali proses kerja. Cara kerja motor 4 tak yaitu sebagai berikut:

1. Langkah Hisap

Ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), maka katup/klep inlet akan terbuka dan menghisap udara dan bahan bakar menuju ke blok silinder (ruang bakar).

2. Langkah Kompresi

Baca Juga :  Fungsi Dan Tujuan Skir Klep

Kemudian piston akan bergerak Dari TMB ke TMA, sementara itu klep inlet akan perlahan menutup mengikuti langkah piston, sehingga udara dan bahan bakar terkompresi menjadi bertekanan tinggi.

3. Pembakaran

Sebelum piston mencapai TMA, klep inlet dan outlet tertutup penuh dan busi akan memercikan bunga api, sehingga terjadilah pembakaran. Tenaga yang dihasilkan dari pembakaran tersebut akan mendorong piston kembali bergerak ke TMB.

4. Langkah Buang

Setelah berada di TMB, piston akan bergerak kembali ke TMA akibat momentum dari putaran poros engkol yang mengubah gerak vertikal piston menjadi gerak rotasi. Ketika piston menuju TMA, klep outlet akan membuka dan membuang gas sisa pembakaran. Kemudian piston akan kembali ke TMB dan melakukan langkah hisap.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor 2 Tak Dan 4 Tak

Kelebihan dan kekurangan dari mesin motor 2 tak yaitu sebagai berikut:

  • Jumlah komponen lebih sederhana daripada mesin 4 tak
  • Mesin 2 tak membutuhkan oli tambahan untuk campuran bahan bakar
  • Posisi lubang buang mesin 2 tak terdapat pada silinder, sehingga lebih cepat panas
  • Bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak daripada mesin 4 tak
  • Tenaga yang dihasilkan mesin 2 tak lebih besar

Kelebihan dan kekurangan motor 4 tak adalah sbeagai berikut:

  • Kontruksi mesin 4 tak lebih rumit, yakni adanya sistem katup
  • Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah, karena tidak perlu oli samping
  • Bahan bakar yang dibutuhkan lebih irit daripada mesin 2 tak
  • Emisi gas buang lebih baik, karena pembakarannya sempurna
  • Tenaga yang dihasilkan mesin motor 4 tak lebih kecil dibanding 2 tak

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara motor 2 tak dan 4 tak beserta kelebihan dan kekurangannya. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top