Home » Servis » Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan

Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan

cara+mengatasi+masalah+mesin+gerinda+tangan
Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan

Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan – Sering kali kita mendapati mesin gerinda tangan yang masih baru namun sudah mengalami masalah. Seperti mesin gerinda tiba-tiba mati, bersuara kasar, putaran pelan dan lain-lain. Nah, berikut akan diberikan informasi mengenai cara mengatasi masalah pada mesin gerinda tangan.

Mesin gerinda tangan adalah perkakas listrik yang digunakan untuk memotong atau meratakan benda kerja. Cara kerjanya yaitu batu gerinda berputar dan menyentuh permukaan benda. Maka terjadilah pengikisan pada benda tersebut.

Masalah pada mesin gerinda tangan ada banyak jenisnya. Dengan mempelajari cara memperbaikinya, maka tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mesin gerinda tangan yang kita miliki mengalami kerusakan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan

Berikut merupakan beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin gerinda tangan dan cara mengatasinnya.

1. Putaran Mesin Gerinda Seret/Macet

Jika gerinda tangan anda mengalami hal seperti seret atau macet, bisa dipastikan mesin gerinda tangan tersebut mengalami masalah pada bearing. Hal ini biasanya di tandai oleh mesin gerinda tangan cepat panas.

Jika ada bearing yang bermasalah (seret, koclak, rontok), segeralah ganti dengan yang baru. Dan janganlah sampai lupa pada saat akan mengganti bearing, pastikan nomer bearing harus dengan nomer bearing yang akan diganti.

2. Mesin Gerinda Tidak Bisa Hidup/Mati

Jika mesin gerinda tangan tiba tiba mati pada saat digunakan, pasti hal itu sangat mengganggu pekerjaan anda bukan? Jika mengalami hal semacam itu, langsung saja periksa pada bagian carbon brush. Jika carbon brush sudah habis, segeralah menggganti carbon brush dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Mengganti Bearing Pompa Air

Namun jika carbon brush sudah diganti tetapi mesin gerinda tangan tersebut masih belum bisa hidup, maka ambilah multitester untuk mengecek bagian-bagian mesin gerinda tangan, seperti kabel, saklar, dan stator. Jika salah satu bagian tersebut ada yang tidak terhubung, maka gantilah salah satu bagian yang tidak terhubung tersebut dengan yang baru.

3. Mesin Gerinda Bunyi Kasar

Untuk masalah yang satu ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Penyebab yang pertama adalah gear penghubung yang sudah aus atau rontok, sehingga menimbulkan bunyi yang sedikit berisik. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti gear penghubung yang rusak tersebut dengan gear penghubung yang baru.

Penyebab yang kedua yaitu bearing koclak, sehingga putarannya menjadi tidak seimbang dan tidak beraturan. Jika terdapat bearing yang koclak atau rusak, segeralah untuk mengganti dengan bearing yang baru.

4. Mesin Gerinda Bau Gosong/Keluar Asap

Masalah bau gosong/keluar asap pada mesin gerinda tangan ini disebabkan oleh adanya gesekan antara armature dengan stator. Gesekan tersebut dapat terjadi karena pengaruh dari putaran armature yang sudah tidak seimbang.

Jika mengalami hal seperti ini, segeralah untuk mematikan mesin gerinda tangan tersebut. Karena jika mesin gerinda tangan yang sudah berbau gosong atau keluar asap, biasanya armature dan statornya mengalami kebocoran.

Dan solusi terbaik dari masalah ini yaitu dengan membeli mesin gerinda baru. Karena biaya untuk mengganti kedua bagian tersebut hampir sama dengan membeli mesin gerinda tangan yang baru.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala

5. Body Mesin Gerinda Nyetrum

Masalah ini terjadi karena adanya kabel yang terkelupas dan menyentuh rangka mesin, sehingga pada saat mesin gerinda tangan tersebut dihidupkan akan nyetum.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengecek seluruh saluran kabel yang ada pada mesin gerinda tangan. Jika menemukan kabel yang terkelupas, maka segeralah untuk menutupnya dengan menggunakan isolatip.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin gerinda tangan dan cara mengatasinya. Semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

4 thoughts on “Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan”

  1. Bang, gerinda saya merk DCA posisi off pas dicolok hidup terus, switch off nya tidak berfungsi, sebelumnya sempst terjatuh dr meja, mohon petunjuk benda apa yg harus diperbaiki, 085274514440 no wa saya bang semoga ada info nya

  2. Bang, gerindaku pas keadaan on sering balik ke off berkali2 pd saat sedang di pakai..
    Kira2 apanya nih yg jd masalah ??
    Pdhl gerinda baru beli 1 bulan..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top