Home » Tip & Trik » Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

cara+membersihkan+mesin+cuci
Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar – Mengingat kegunaannya yang begitu penting dalam urusan mencuci pakaian, perawatan pada mesin cuci harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan cara membersihkan mesin cuci secara rutin. Agar performa mesin cuci selalu terjaga dan terbebas dari jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada pakaian.

Dalam membersihkan mesin cuci, tentunya kita juga harus melakukannya dengan benar. Karena setiap mesin cuci memiliki jenis dan model yang berbeda-beda. Misalnya pada mesin cuci bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (front loading), pastinya cara pemeliharaanya pun akan sedikit berbeda. Begitu juga dengan mesin cuci yang  memiliki 2 tabung, maka kita harus membersihkan tabung pencuci dan tabung pengering dalam waktu yang bersamaan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membersihkan mesin cuci yang aman dan benar agar mesin cuci awet dan untuk menghindari beberapa parasit yang dapat menyerang kesehatan kita.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

Sebelum melakukan pembersihan pada mesin cuci, sediakan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, seperti kain lap, air cuka, baking soda, dan air panas. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Loading)

Untuk mesin cuci bukaan atas, langkah-langkah cara membersihkannya adalah sebagai berikut :

1. Masukan air panas ke dalam tabung mesin cuci dan lakukanlah proses pencucian normal agar sisa-sisa detergen yang menempel pada dinding tabung dapat rontok dan terbuang. Setelah proses pencucian selesai, buanglah airnya.

2. Tuangkan lagi air panas dan masukan air cuka dan baking soda untuk menghilangkan jamur dan bakteri yang tumbuh di dalam tabung mesin cuci. Kemudian lakukan proses pencucian sekitar 1-2 menit agar campuran merata.

3. Diamkan mesin cuci dan biarkan airnya berada di dalam tabung mesin cuci sekitar 30 menit.

4. Kemudian lakukanlah proses pencucian normal. Setelah selesai, buanglah airnya.

5. Setelah itu, lakukan proses pencucian menggunakan air dingin sekitar 5 menit untuk membilas larutan air cuka dan baking soda.

6. Ambilah tempat detergen dan kantung filter kotoran, kemudian cucilah sampai bersih. Setelah kering, pasang kembali pada tempatnya masing-masing.

7. Gunakan kain lap untuk mengeringkan tabung mesin cuci. Setelah itu biarkan tutup mesin cuci terbuka sekitar 1 jam agar kering dengan sempurna.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan (Front Loading)

Sedikit berbeda dengan proses pembersihan pada mesin bukaan atas, dan untuk cara membersihkan mesin cuci bukaan depan adalah sebagai berikut.

1. Masukan air panas dan lakukanlah proses pencucian normal untuk membuang sisa-sisa detergen yang menempel pada dinding tabung mesin cuci. Setelah selesai, buang airnya.

2. Masukan lagi air panas, ari cuka dan baking soda. Kemudian lakukan proses pencucian normal sampai selesai. Tanpa mendiamkan air seperti yang dilakukan pada pembersihan mesin cuci bukaan atas.

3. Setelah itu, lakukanlah proses pencucian menggunakan air dingin sekitar 5 menit untuk membilas campuran larutan cuka dan baking soda.

4. Gunakan kain lap yang telah dicelupkan terlebih dahulu ke dalam air panas dan cuka untuk membersihkan pintu bagian depan dan bagian dalam, serta karet seal pintu.

5. Kemudian ambilah tempat detergen dan kantong filter kotoran, kemudian cucilah smapai bersih. Setelah kering, pasang kembali pada tempatnya masing-masing.

6. Gunakan kain lap untuk mengeringkan tabung mesin cuci. Setelah itu biarkan tutup mesin cuci terbuka sekitar 1 jam agar kering dengan sempurna.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung (Semi Otomatis)

Pada mesin cuci 2 tabung, posisi antara tabung pencuci dan pengering letaknya terpisah. Sehingga, kita harus melakukan dua kali langkah pembersihan. Untuk membersihkan tabung pencucian, langkahnya sama seperti pada mesin cuci bukaan atas (top loading). Sedangkan untuk membersihkan tabung pengeringnya adalah sebagai berikut.

1. Gunakanlah spray pembersih untuk menyemprot dinding tabung pengeringan agar bekas noda atau lunturan kain dapat hilang. Kemudian lap dengan kain sampai kering.

2. Untuk bekas noda yang susah hilang, gunakanlah kain yang telah terendam air panas dan cuka. Kemudian masukan ke tabung pengering dan lakukanlah proses pengeringan normal.

3. Setelah selesai dan noda pada dinding tabung pengering menghilang, gunakanlah lap untuk mengeringkan dinding tabung. Kemudian biarkan tutup tabung terbuka sekitar 30 menit agar kering dengan sempurna.

4. Ambilah tutup pengerpes tabung pengering dan cucilah sampai bersih. Setelah kering, taruh kembali pada tempatnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membersihkan mesin cuci yang benar. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top