Home » Info Baru » Perbedaan Pompa Air Submersible Dan Jet Pump

Perbedaan Pompa Air Submersible Dan Jet Pump

perbedaan+pompa+air+submersible+dan+jet+pump
Perbedaan Pompa Air Submersible Dan Jet Pump

Perbedaan Pompa Air Submersible Dan Jet Pump – Pompa air merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyuplai air dengan menggunakan mesin sebagai alat penyedot dari suatu sumber air ke tempat lainnya. Terdapat berbagai macam jensi pompa air, diantaranya yaitu pompa air submersible dan jet pump.

Pompa air submersible adalah jenis mesin pompa sentrifugal yang diputar dengan kecepatan tinggi dengan bantuan motor listrik yang berada di dalam cassing. Sedangkan pompa air jet pump merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyedot air yang sangat dalam yang didukung oleh motor listrik dengan daya yang besar.

Cara kerja pompa air jet pump berbeda dengan submersible. Pompa air jet pump bekerja menyedot dan mendorong air, sedangkan pompa air submersible hanya mendorong air menuju ke permukaan. Untuk mengetahui perbedaan lainnya antara pompa air submersible dan jet pump, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Pompa Air Submersible Dan Jet Pump

Terdapat beberapa faktor yang membedakan antara pompa air submersible dan jet pump, diantaranya yaitu, cara kerja, tingkat kedalaman, kapasitas air, konsumsi daya listrik, dan perawatannya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga :  5 Merk Power Tools Produk Jepang Terbaik

1. Cara Kerja

Cara kerja pompa air submersible adalah mendorong air ke permukaan saja, sedangkan jet pump bekerja menghisap air dan mendorongnya ke permukaan. Hal ini tentu pengaruh dari posisi pompa submersible yang berada di dalam air, sedangkan jet pump berada di permukaan.

2. Tingkat Kedalaman

Pompa air submersible tersedia untuk berbagai kedalaman sumur bor dengan tingkat kedalaman sumur mencapai 200 meter atau lebih. Sedangkan pompa air jet pump memiliki batasan spesifikasi daya hisap maksimal pada kedalaman 60 meter.

3. Kapasitas air

Kapasitas pompa air submersible lebih besar jika dibandingkan jet pump. Hal itu dipengaruhi oleh cara kerja pompa air submersible yang hanya mendorong, sedangkan jet pump memiliki 2 langkah kerja, yakni menghisap dan mendorong.

4. Konsumsi Daya Listrik

Pada dasarnya, kedua jenis pompa air ini memiliki perbandingan daya listrik yang hampir sama, karena merupakan pompa air dengan konsumsi daya listrik yang besar.

5. Perawatan

Untuk masalah perawatannya, pompa air submersible dapat dikatakan lebih susah dari pada jet pump. Hal ini disebabkan karena letaknya di dalam air, sehingga harus melepas satu per satu pipa yang terpasanag. Sedangkan untuk pompa air jet pump dapat dikatakan lebih praktis karena letaknya yang berada di permukaan.

Baca Juga :  Dampak Penggunaan AC Dan Lemari Es

Demikanlah pembahasan mengenai perbedaan antara pompa air submersible dan jet pump. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published.