Home » Info Baru » Cara Kerja Pompa Air Otomatis Beserta Bagian-Bagiannya

Cara Kerja Pompa Air Otomatis Beserta Bagian-Bagiannya

cara+kerja+pompa+air+otomatis
Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Cara Kerja Pompa Air Otomatis – Berdasarkan cara kerjanya, pompa air dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pompa air manual dan pompa air otomatis. Kedua jenis pompa air tersebut sebenarnya sama, hanya saja pada pompa air otomatis dilengkapi dengan adanya saklar otomatis.

Pompa air otomatis adalah jenis pompa air yang dilengkapi dengan adanya saklar yang mampu bekerja dengan sendirinya akibat dari tekanan air. Jenis pompa air ini memiliki berbagai macam merk di pasaran, seperti shimizu, sanyo, panasonic, DAB, dan lain-lain. Karena fungsinya yang penting, hampir setiap rumah memilikinya.

Perbedaan antara pompa air otomatis dan menual terletak pada sistem kerjanya. Jika pompa air manual masih memerlukan bantuan manusia dalam penggunaannya, pompa air otomatis mampu bekerja sendiri tanpa campur tangan manusia. Lalu, seperti apa cara kerja pompa air otomatis, ya?

Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Pada dasarnya, kinerja pompa air otomatis terletak pada bagian switch pressure (saklar otomatis). Sacara singkatnya, saklar otomatis akan membuat pompa air hidup saat kran dibuka, dan akan mati jika kran ditutup.

Jika kita membuka kran air, maka tekanan di dalam pompa air akan menurun. Akibat dari tekanan yang menurun, pegas akan mendorong saklar untuk menghubungkan arus listrik, sehingga pompa air hidup.

Begitu sebaliknya, jika kran air ditutup, maka tekanan air di dalam pompa air akan meningkat, sehingga pegas akan kembali dan saklar otomatis akan memutuskan arus listrik, sehingga pompa air akan mati.

Baca Juga :  Kapasitas Oli Mesin Diesel Dongfeng R175

Saklar otomatis akan bekerja jika komponen di dalamnya tidak bermasalah. Diantara permasalan yang terjadi jika saklar otomatis rusak yaitu pompa air akan bunyi terus-menerus tidak mau mati, saklar bunyi cetak-cetak, atau pompa tidak nyala sama sekali.

Bagian-Bagian Otomatis Pompa Air

Melihat perannya yang sangat penting, kita perlu mengetahui apa saja bagian-bagian yang terdapat pada saklar otomatis pompa air. Secara lengkap, bagian-bagian otomatis pompa air terdiri dari:

  • Body, merupakan tempat komponen-komponen pendukung seperti pegas, saklar, dan kabel-kabel pendukung. Bisanya berbentuk bulat atau kotak dan terbuat dari bahan plastik
  • Input, merupakan bagian sebagai dudukan membran. Membran inilah yang langsung bersentuhan dengan tekanan air
  • Proses Kontrol, merupakan bagian yang digunakan sebagai tempat pegas spiral. Pegas spiral ini akan tertekan oleh membran jika tekanan air meningkat dan akan kembali jika tekanan air menurun
  • Pagas Daun (Tuas), merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur jarak main On dan Off, sehingga saklar akan bekerja sesuai perintah tekanan air
  • Output, merupakan komponen mekanisme terakhir dari sebuah saklar otomatis yang menghubungkan arus listrik

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja pompa air otomatis beserta bagian-bagain dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top