Home » Info Baru » Cara Kerja Bospom Pada Mesin Diesel

Cara Kerja Bospom Pada Mesin Diesel

cara+kerja+bospom
Cara Kerja Bospom Pada Mesin Diesel
Cara Kerja Bospom Pada Mesin Diesel – Bospom atau pompa injektor adalah bagian pada mesin diesel yang bertugas sebagai pemompa bahan bakar agar tekanannya meningkat. Tekanan bahan bakar itulah yang  kemudian dikabutkan oleh nozzle menuju ruang silinder blok dan dikompresikan bersama udara. Sehingga, terjadilah proses pembakaran di dalam mesin.

Sebagai komponen yang memiliki peranan penting, kita wajib tahu bagaimana cara kerja bospom pada mesin diesel. Karena, sebagian besar masalah yang terjadi  pada mesin diesel disebabkan oleh kerusakan bospom. Jadi, setelah kita memahami prinsip kerja bospom, maka jika suatu saat bospom mengalami kerusakan, kita dapat memperbaikinya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara kerja bospom pada mesin diesel secara lengkap. Mulai dari masuknya bahan bakar ke bospom, sampai keluar menjadi bahan bakar yang bertekanan tinggi.

Cara Kerja Bospom Pada Mesin Diesel

Cara kerja bospom terbentuk dari kinerja bagian-bagian yang ada di dalamnya yang bergerak dalam sebuah mekanisme kerja yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya. Bospom akan memulai bekerja dari dorongan tonjolan noken as yang menyentuh tappet. Kemudian, tappet akan menggerakan plunger bergerak maju dan mundur kembali atas tekanan spring plunger.

Plunger yang bergerak maju akan mendorong bahan bakar yang masuk melalui lubang barrel yang terbuka. Banyak sedikitnya bahan bakar yang masuk ke dalam barrel dikontrol oleh control rack yang memutar posisi plunger menggunakan gigi pinion. Sedangkan control rack tersebut digerakan oleh tangkai governor.

Bahan bakar yang terdorong oleh plunger akan secra otomatis akan keluar menjadi tekanan yang lebih tinggi. Dan setelah plunger bergerak mundur, aliran bahan bakar tersebut akan dimampatkan oleh tekanan spring delivery valve. Sehingga, bahan bakar yang telah keluar dari bospom tidak bisa kembali  lagi ke barrel plunger. Dan begitulah seterusnya sirkulasi pemompaan bahan bakar yang terjadi di dalam bospom.

Dan berikut ini adalah bagian-bagian yang ada di dalam bospom yang berperan dalam cara kerja bospom pada mesin diesel.

1. Tappet, merupakan bagian bospom yang bersentuhan langsung dengan noken as. Tappet ini akan mendorong plunger dalam memompa bahan bakar.

2. Plunger, adalah bagian bospom yang bertugas memompa bahan bakar yang masuk ke dalam barrel.

3. Spring Plunger, merupakan pegas yang bertugas mengembalikan plunger setelah mendapat dorongan dari tappet.

4. Barrel, adalah pasangan plunger, merupakan ruang di mana bahan bakar dipompa oleh plunger.

5. Control Rack Dan Gigi Pinion, merupakan sepasang gigi yang bertugas membuka dan menutup lubang barrel.

6. Delivery Valve, merupakan sebuah valve yang akan bertugas memampatkan bahan bakar yang telah keluar dari bospom.

7. Spring Delivery, adalah bagian bospom yang berfungsi memberi tekanan pada delivery valve agar tertutup rapat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja bospom pada mesin diesel. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top