Home » Servis » Servis Karburator Mesin Honda GX 160

Servis Karburator Mesin Honda GX 160

servis karburator mesin honda gx 160
Servis Karburator Mesin Honda Gx 160
Servis Karburator Mesin Honda GX 160 – Karburator pada sebuah mesin bensin memang memiliki peranan yang sangat penting. Karena kondisi karburator tersebut sangat mempengaruhi performa dari sebuah mesin bensin. oleh karena itu, perawatan pada karburator merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin.
Salah satu jenis mesin bensin yang menggunakan karburator sebagai penyuplai bahan bakar yaitu mesin penggerak GX 160. Dimana mesin penggerak GX 160 tersebut memang sering dipakai dalam dunia perbengkelan dan pengoperasian alat-alat proyek. 
Karena merupakan mesin penggerak  yang kerap digunakan untuk bekerja sehari penuh, pastinya perawatan pada mesin GX 160 pun harus benar-benar diperhatikan. Dan salah satu bagian yang perlu di periksa dan diservis secara berkala yaitu karburator. Karena karburator yang kurang sehat, dapat mengakibatkan mesin GX 160 susah hidup.

Langkah – Langkah Servis Karburator Mesin Honda GX 160

Sebelum melakukan penyervisan karburator pada mesin penggerak GX 160, kita harus melepas beberapa komponen karburator tersebut agar dapat dilepas dari tempatnya. Untuk melepas karburator tersebut, dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut.
1. Lepaskan filter udara terlebih dahulu dengan cara melepas mur pengunci yang ada di bagian atas filter Assy. Setelah terlepas, angkatlah filter udara tersebut dari rumahnya.
2. Kemudian lepaskan kedua mur pengunci karburator yang melekat pada rumah filter udara tersebut. Dan juga baut pengunci rumah filter udara yang ada di bagian atas.
3. Geser tuas choke dan kran bensin kearah luar untuk dapat melepaskan rumah filter udaranya. Karena jika posisi choke dan kran bensin tersebut ke arah dalam, maka rumah filter tersebut susah untuk dilepas.
4. Setelah itu, lepaskan kawat dan pir gas yang mengait pada karburator. Lepaskan juga selang bensin, lalu tutup selang bensin tersebut dengan baut atau obeng.
5. Lepaskan karburator dari tempatnya dengan menarik ke arah luar sampai karburator tersebut terlepas. Usahakan paking karburator jangan sampai sobek. Namun jika paking karburator sobek pun tidak apa-apa, karena kita dapat mengganti dengan paking yang baru.
6. Lepaskan baut cawan karburator yang terletak di bagian bawah karburator menggunakan kunci pas atau ring ukuran 10.
7. Setelah cawan karburator terlepas, ambilah pin pelampung untuk melepas pelampung dan jarum karburator. Setelah terlepas, bersihkan pelampung dan jarum tersebut dengan bensin sampai bersih.
8. Kemudian lepaskan spuyer yang berada di dalam lubang bensin dengan obeng min (-). Setelah terlepas, bersihkan spuyer tersebut sampai lubang-lubang kecilnya bersih (tidak tersumbat kotoran).
9. Lepaskan baut stasioner yang berada di bagian atas karburator dengan menggunakan obeng. Kemudian ambilah spuyer udaranya dengan mencukilnya dengan obeng min (-). Bersihkan spuyer udara tersebut dan jangan sampai tersumbat kotoran.
10. Bersihkan seluruh badan karburator dengan kuas dan bensin sampai bersih. Bila perlu semprotlah dengan angin sampai kering tanpa ada kotoran yang menempel.
11. Setelah semua bagian bersih dan kering, rangkaialah kembali bagian-bagian yang telah dilepas dan dibersihkan tadi pada tempat semula dengan tepat dan benar.
12. Setelah selesai, pasang kembali karburator pada tempatnya. Jangan lupa pasang kembali selang bensin, kawat dan pir gasnya. Dan yang terakhir pasang rumah filter dan filter udaranya dan kencangkan mur penguncinya.
Demikianlah panduan mengenai servis karburator pada mesin honda GX 160. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat, terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top