Home » Cara Servis Mesin Bor Tangan

Cara Servis Mesin Bor Tangan

servis+mesin+bor
Cara Servis Mesin Bor Tangan

Cara Servis Mesin Bor Tangan – Dalam melakukan servis pada mesin bor tangan, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab permasalahannya. Karena kerusakan yang terjadi pada mesin bor ini banyak jenisnya. Misalnya mesin tiba-tiba mati secara mendadak ketika sedang digunakan. Atau masalah lain seperti putaran mesin menjadi lambat sehingga pekerjaan menjadi lama terselesaikan.

Ketika mesin bor mengalami masalah, tentu saja harus diservis agar mesin dapat normal kembali seperti semula. Pada saat melakukan servis, kita harus memeriksa seluruh komponen yang ada di dalam mesin bor tersebut untuk bisa menemukan penyebabnya dan melakukan perbaikan.

Servis mesin bor tangan dapat dikatakan gampang-gampang susah. Karena perlu kejelian untuk menentukan titik permasalahan dan mencari solusi mengatasinya. Untuk itu, agar proses servis lebih mudah, berikut ini akan diuraikan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penyebab kerusakan pada mesin bor tangan.

Cara Servis Mesin Bor Tangan

Untuk melakukan servis pada mesin bor tangan, lakukanlah pengecekan pada bagian-bagian yang rawan rusak. Seperti menganalisa kondisi komponen aliran listrik dengan menggunakan multitester agar lebih mudah untuk menentukan bagian yang sudah tidak berfungsi. Caranya yaitu menempelkan kedua kabel multiteseter pada masing-masing jalur kabel secara bergantian. Dan berikut merupakan beberapa penyebab yang sering menjadi titik permasalahan pada mesin bor tangan.

1. Mesin Bor Tiba – Tiba Mati Sendiri

Periksalah seluruh jalur kabel penghubung antara bagian yang satu dengan yang lainnya. Jika ada yang terlepas atau putus, segeralah sambungkan kembali.

Periksa saklar mesin bor, jika sudah tidak berfungsi atau tidak tersambung ketika ditekan, maka gantilah dengan sakalr yang baru.

Pengecekan pada bagian carbon brush, jika kondisinya sudah tipis atau habis, lakukanlah penggantian pada carbon brush tersebut.

Periksa bagian kumparan antara armature dan stator, jika ada yang putus atau terbakar, maka gantilah diantara salah satu bagian tersebut yang mengalami kerusakan.

2. Putaran Mesin Lambat

Perikasa bagian armature dan stator, jika ada salah satu lilitan kumparan yang putus atau terbakar, maka akan mengakibatkan putaran mesin lambat atau malah mati. Cara mengatasinya yaitu mengganti armature atau stator yang sudah tidak berfungsi.

Cek kondisi laher (bearing) pada masing-masing bagian rotor dan shaft kepala bor. Jika kondisinya sudah macet atau koclak, sebaiknya lakukan penggantian pada bearing tersebut. Karena bearing yang rusak akan mengakibatkan putaran mesin melambat dan tenaga mesin berkurang.

Ada beberapa mesin bor yang menggunakan kondensator. Maka periksalah kondisi kondensator tersebut apakah masih berfungsi atau tidak. Caranya yaitu dengan menggunakan multitester, atur pada posisi hambatan (ohm). Kemudian tempelkan kabel probe merah ke terminal positif dan probe hitam ke terminal negatif. Jika jarum pada multitester bergerak dan kembali lagi, tandanya kondensator masih berfungsi dengan baik, tetapi jika tidak bergerak sama sekali atau jarum naik namun tidak turun lagi, maka kondensator telah rusak dan harus diganti.

3. Suara Mesin Berisik

Periksalah kondisi bearing pada masing-masing tempatnya. jika bearing tersebut telah longgar dan koclak, maka akan menyebabkan bunyi berisik ketika mesin bor digunakan. Oleh sebab itu, jika terdapat bearing yang sudah tidak normal, segeralah untuk melakukan penggantian pada bearing tersebut.

Cek kondisi gear pada as kepala bor, jika kondisinya sudah aus maka akan mengakibatkan bunyi yang tidak normal dan tenaga mesin menjadi lemah. Jika kondisi gear sudah aus, gantilah dengan yang baru.

4. Mesin Kadang Hidup Kadang Mati

Periksalah kabel power pada mesin bor, kabel yang putus atau terbakar akan mengakibatkan mesin terkadang hidup dan terkadang mati sendiri. Untuk itu, jika menemukan kabel yang terbakar, sebaiknya lakukan penggantian pada kabel tersebut.

Cek kondisi saklar, saklar yang sudah tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan aliran listrik terkadang tersambung dan terkadang terputus. Jika menemukan saklar yang sudah tidak normal, gantilah dengan yang baru.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara servis mesin bor tangan. Dengan mengetahui penyebab permasalahannya, maka akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan pada mesin bor tangan tersebut. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top