Tip & Trik Cara Menyetel Gigi Knoken As Mesin GX

Cara Menyetel Gigi Knoken As Mesin GX

cara menyetel gigi knoken as mesin gx
Cara Menyetel Gigi Knoken As Mesin GX
Cara Menyetel Gigi Knoken As Mesin GX – Knoken as (Camsahaft) yaitu bagian dari mesin yang bertugas untuk mengatur gerak langkah valve (klep). Sistem buka tutup yang terjadi pada klep mesin, merupakan hasil gerakan dari knoken as yang berputar ketika mesin dihidupkan.

Pada sebuah knoken as, terdapat sebuah roda gigi yang terhubung dengan poros engkol (crankshaft). Dan pada roda gigi tersebut terdapat sebuah titik nol, dimana cara penempatannya harus tepat dan tidak boleh geser. Karena titik tersebut sangat mempengaruhi hidup dan tidaknya mesin GX 160 tersebut.

Oleh karena itu, jika kita membongkar seluruh bagian mesin GX 160, kita harus meletakan knoken as dengan benar saat merakitnya kembali. Untuk meletakan dan mengatur posisi knoken as, kita dapat melihat posisi titik nol yang berada pada roda gigi knoken as tersebut.

Cara Menyetel Gigi Knoken As Mesin GX 160

Dan cara menempatkan posisi knoken as yang benar yaitu letakan titik nol yang terdapat pada roda gigi knoken as tersebut tepat dengan posisi titik nol yang terdapat pada roda gigi poros engkol. Hal itulah yang sering disebut dengan posisi top/titik nol mesin.

Jika pada roda gigi knoken as maupun ker as tidak terdapat titik nol, kita dapat menandai posisi top mesin tersebut dengan cara melihat posisi piston atau posisi CDI. Untuk posisi top mesin, posisi piston selalu berada di atas. Begitu juga dengan posisi CDI yang selalu bertemu / berhadapan dengan magnet yang ada pada flywhell (roda magnet).

Begitulah cara menyetel gigi knoken as pada mesin GX 160. Jangan sampai kita dapat membongkar mesin, namun lupa memasangnya kembali. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *