Home » Servis » Penyebab Genset Bensin Mati Sendiri

Penyebab Genset Bensin Mati Sendiri

penyebab genset bensin mati sendiri
Penyebab Genset Bensin Mati Sendiri
Penyebab Genset Bensin Mati Sendiri – Postingan ini akan membahas tentang penyebab genset bensin mati sendiri. Bagi yang sedang mengalami masalah genset seperti ini, silahkan simak pembahasan ini sampai selesai.

Para pengguna genset bensin, pasti pernah mengalami hal seperti ini, dimana mesin genset yang sedang digunakan tiba- tiba mati sendiri. Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi jika sedang terjadi pemadaman listrik.

Dalam kasus masalah ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Dan untuk mengatasinya, perlu dilakukan pengecekan pada bagian-bagian yang membuat genset mati sendiri seperti yang akan dibahas berikut ini.

Penyebab Genset Bensin Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

1. Bahan Bahar Habis

Penyebab pertama dari genset mati sendiri adalah bahan bakar habis. Bahan bakar merupakan faktor utama dalam hidup dan tidaknya mesin. Oleh karena itu, jika mesin genset mati mendadak, periksalah tangki bahan bakar. Jika bahan bakar habis, segeralah isi bahan bakarnya.

2. Bahan Bakar Tidak Lancar

Aliran bahan bakar yang tidak lancar, akan menghambat terjadinya pembakaran. Sehingga, masalah ini dapat mengakibatkan mesin genset yang hidup mendadak mati sendiri.

Untuk mengecek aliran bahan bakar, kita dapat melepas selang bahan bakar dan melihat kucurannya. Jika, kucuran bahan bakar kecil, bersihkan semua filter bahan bakar hingga alirannya menjadi lancar.

3. Karet Tutup Tangki Bensin Rusak

Pada tangki mesin genset bensin, terdapat karet yang berfungsi sebagai pengganjal ventilasi ruang bensin. Jika karet tersebut rusak, maka ruang tenki bensin menjadi hampa. Akibatnya bensin tidak dapat mengalir dan genset akan mati.

Untuk mengatasi masalah ini, perikasalah karet Tutup tangki apakah masih bagus atau sudah rusak. Jika sudah rusak gantilah dengan yang baru.

4. Kualitas Busi Kurang Bagus

Dan penyebab lain dari mesin genset yang tiba-tiba mati sendiri ketika sedang digunakan adalah kulaitas busi yang kurang bagus. Sehingga, jika mesin digunakan dalam waktu cukup lama, busi tidak bisa menahan panas ruang bakar dan akhirnya mati.

Jika mengalami mesin genset mati mendadak, periksalah bagian busi. Dan jika nyala busi hilang, gantilah dengan busi baru yang memiliki kulatias bagus, seperti busi iridium atau sejenisnya.

Itulah beberapa penyebab mesin genset tiba-tiba mati sendiri ketika sedang digunakan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top