Home » Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung Tidak Menjahit

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung Tidak Menjahit

cara+memperbaiki+mesin+jahit+karung
Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung Tidak Menjahit

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung Tidak Menjahit – Mesin jahit karung merupakan mesin jahit yang khusus digunakan untuk menjahit karung. Mesin ini biasanya dipakai di tempat penggilingan beras, penjual beras, dan gudang beras. Dalam penggunaannya, mesin ini sering mengalami masalah tidak bisa menjahit. Sehingga, jika digunakan hanya berjalan tanpa mengait benang.

Bagi yang sedang mengalami masalah pada mesin jahit karung yang tidak bisa menjahit, silahkan baca artikel ini sampai selesai, karena siapa tahu menemukan solusi dari tidak mengaitnya benang pada karung.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung Tidak Menjahit

Mesin jahit karung yang tidak menjahit dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dan untuk memperbaikinya, kita harus memeriksa bagian-bagian yang kemungkinan menjadi permasalahannya. Dan berikut merupakan beberapa penyebab mesin jahit karung yang tidak bisa menjahit.

1. Jarak Jarum Dengan Pengait Terlalu Jauh

Jarak Jarum yang terlalu jauh dari pengait menyebabkan pengait tidak mampu meraih benang pada titik pertemuannya. Sehingga, jarum hanya bergerak naik turun tanpa dapat menjahit karung.

Pada permasalahan ini, kita harus membuka bagian pengait untuk mengatur ulang jarak antara jarum dan pengait. Untuk caranya, kendurkan terlebih dahulu baut pada pengait, kemudian geser pengait mendekati jarum sampai berjarak sekitar 0,5 mm. Jika jaraknya sudah pas, kencangkan kembali baut pengunci pengaitnya.

2. Pemasangan Jarum Tidak Tepat

Pemasangan jarum yang kurang tepat juga dapat mengakibatkan pengait tidak meraih benang. Misalnya posisi jarum miring, atau pemasangannya terlalu ke atas atau ke bawah. Pemasangan jarum tidak tepat juga dapat mengakibatkan jarum patah.

Untuk itu, jika melakukan penggantian jarum pada mesin jahit karung, lakukanlah secara benar dan tepat agar tidak terjadi masalah yang mengakibatkan mesin tidak dapat menjahit karung.

3. Setelan Gula – Gula Tidak Tepat

Gula-gula merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur langkah pengait. Jika setelannya tidak tepat, maka pengait tidak akan bertemu dengan jarum pada titik tertentu. Dan akibatnya mesin jahit karung tidak dapat digunakan untuk menjahit.

Untuk mengatur gula-gula ini caranya cukup mudah. Yaitu dengan mengendurkan baut pengunci gula-gula yang ada di dalam mesin. Kemudian tepatkan salah satu baut tersebut pada titik yang ada pada as gula-gula tersebut.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki mesin jahit karung tidak menjahit. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top