Home » Cara Membuka Seal Pompa Air Shimizu

Cara Membuka Seal Pompa Air Shimizu

cara+membuka+seal+pompa+air+shimizu
Cara Membuka Seal Pompa Air Shimizu

Cara Membuka Seal Pompa Air Shimizu – Seal pada pompa air memiliki peranan yang sangat penting. Fungsinya yaitu sebagai dinding penahan agar air tidak keluar ketika mesin pompa air dinyalakan. Namun, seiring lamanya penggunaan pompa air, seal ini lama-kelamaan akan mengikis akibat gesekan dari putaran mesin. Akibatnya tekanan daya hisap maupun daya dorong pompa air menurun.

Seal pompa air yang mengalami pengikisan (aus) menyebabkan air tidak naik atau tekanan air menjadi lemah. Masalah ini sering sekali terjadi pada mesin pompa air merk apa saja, salah satunya yaitu pompa air shimizu yang sangat populer di masyarakat. Masalah kerusakan seal tersebut biasanya ditandai oleh adanya genangan air dibawah mesin pompa. Dan untuk mengatasinya, kita harus mengganti seal yang baru.

Dalam penggantian seal pompa air, sebenarnya kita bisa melakukannya sendiri. Karena langkah-langkahnya juga sangat mudah. Yang penting tersedia perlatannya yang digunakan untuk membuka dan memasang seal. Dan bagi yang belum tahu carnaya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai cara membuka dan memasang seal pompa air merk shimizu.

Cara Membuka Dan Memasang Seal Pompa Air Shimizu

Untuk melakukan pembokaran pompa air dalam mengganti seal, pastikan terlebih dahulu mesin pompa air tidak terhubung dengan sumber lisrik. Dan sediakan juga peralatannya seperti obeng, kunci ring 10 mm, tang snapring, treker bearing. Dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Bukalah cover impeller dengan melepas bautnya menggunakan kunci ring 10 mm yang telah disediakan. Kemudian lepaskan cover tersebut, jika agak susah, bisa menggunakan ujung obeng min untuk mencukilnya.

2. Lepaskan impeller (baling-baling pompa) dengan menggunakan treker bearing. Caranya yaitu jepit ujung impeller dengan kedua mulut treker, kemudian putar baut treker searah jarum jam hingga impeller terlepas.

3. Setelah itu, buka snapring menggunakan tang snapring. Kemudian ambil seal mekanik dari tempatnya. Jika susah, bisa menggunakan ujung obeng untuk mencukilnya.

4. Untuk seal mengambil seal yang bagian dalam, kita harus melepaskan badan pompanya terlebih dahulu, yaitu dengan membuka tiga buah baut penguncinya dengan kunci ring 10 mm. Setelah terlepas, ambil sealnya dengan cara mengetuk dari belakang.

5. Jika seal telah terlepas, bersihkan rumah seal terlebih dahulu sebelum memasang seal yang baru.

6. Untuk memasang seal bagian dalam, cukup memasukanya ke dalam rumahnya dan memastikan posisinya tidak miring. Kemudian pasang kembali badan pompa dan kencangkan dengan tiga buah baut penguncinya. Setelah itu, barulah memasang seal mekaniknya dan kunci dengan snapring.

7. Pasang kembali impeller dan cover penutupnya, lalu kencangkan kembali dengan bautnya. Selesai.

Demikianlah uraian mengenai cara membuka seal pompa air shimizu. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top