Home » Info Baru » Sistem Pendingin Pada Mesin GX 160

Sistem Pendingin Pada Mesin GX 160

sistem+pendingin+mesin+gx+160
Kipas Pendingin Mesin GX 160

Sistem Pendingin Pada Mesin GX 160 – Sebagai mesin yang sering digunakan untuk sumber penggerak, tidak menutup kemungkinan jika mesin bertipe GX 160 ini digunakan terus-menerus tanpa henti ketika melakukan produksi. Oleh karena itu, mesin ini dilengkapi dengan sistem pendingin yang bertujuan untuk mengantisipasi panas yang berlebihan pada mesin tersebut.

Sistem pendingin yang dimiliki oleh mesin bertipe GX 160 ini memang dapat dikatakan sangat sederhana. Yaitu berupa kipas yang menempe pada roda magnet dan katup udara yang terletak pada cover bonet. Namun, kedua komponen pendingin tersebut mampu bekerja mendinginkan mesin secara sempurna.

Komponen pendingin yang pertama adalah kipas (fun) yang menempel pada bagian roda magnet. Kipas tersebut akan berputar seiring dengan putaran mesin. Ketika mesin bergerak (hidup), putaran kipas tersebut akan menghasilkan angin yang mengarah ke badan mesin. Sehingga, jika mesin dihidupkan, maka secara otomatis kipas akan berputar dan mengarahkan aliran angin untuk mendinginkan mesin.

Selain dari kipas, mesin GX 160 ini juga memiliki saluran pendingin yang terletak di bagian cover bonet ( penutup silinder head ). Saluran tersebut berupa selang udara yang terhubung ke filter udara. Selang tersebut memanfaatkan angin yang berada pada filter udara yang kemudian di salurkan ke bagian silinder head untuk mendinginkan ruangan yang di sekitar silinder head.

Baca Juga :  Cara Mengetahui AVR Genset Rusak

Meskipun terlihat sederhana, kedua komponen yang bertugas sebagai pendingin mesin tersebut ternyata mampu bekerja dengan sempurna untuk mendinginkan mesin. Oleh sebab itu, mesin penggerak tipe GX 160 ini mampu bekerja dalam waktu yang cukup lama.

Begitulah kira-kira penjelasan tentang pendingin yang dimiliki oleh mesin GX 160. Semoga artikel ini bisa menjadi pembelajaran yang bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top