Home » Info Baru » Bagian-Bagian Spraygun Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Spraygun Dan Fungsinya

bagian+bagian+spraygun+dan+fungsinya
Bagian-Bagian Spraygun Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Spraygun Dan Fungsinya – Spraygun merupakan alat yang biasanya digunakan untuk mengecat. Alat ini memanfaatkan tekanan angin untuk mengoperasikannya. Dengan bagian-bagian yang dimilikinya, alat ini mampu mengubah cairan cat menjadi semburan halus dengan bantuan angin bertekanan. Pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi mengenai bagian-bagian pada spraygun dan fungsinya masing-masing.

Sebelum menggunakan spraygun, tentunya kita harus mengenal bagian-bagiannya agar tidak kesulitan mengoperasikannya. Karena alat ini memiliki beberapa bagian yang harus diatur agar hasil cat yang diperoleh dapat maksimal.

Bagian-bagian pada spraygun juga memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Misalnya antara knop pengatur semburan dengan knop pengatur volume, biasanya bagian ini saling berdekatan dan kita harus tahu fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai bagian-bagian spraygun dan fungsinya.

Bagian-Bagian Spraygun Dan Fungsinya

Secara umum, bagian-bagian spraygun yaitu sebagai berikut:

1. Tabung

Bagian spraygun yang pertama yaitu tabung. Tabung pada spraygun berfungsi untuk menampung cat yang akan disemburkan. Setiap jenis spraygun memiliki kapasitas tabung yang berbeda-beda. Begitu juga dengan posisinya yang biasanya, ada yang terletak di atas dan ada juga yang berada di bagian bawah.

2. Nozzle

Nozzle merupakan bagian spraygun yang berfungsi sebagai jalur keluar cat. Pada bagian nozzle terdapat cup nozzle yang berfungsi untuk mengatur arah keluarnya cat. Misalnya jika kita akan mengecat secara horizontal, maka kita perlu mengatur cup nozzle ini agar arah semburan cat yang keluar tegak lurus.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Mata Gerinda Dan Fungsinya

3. Tuas Penyemprot/Trigger

Setiap spraygun memiliki tuas atau trigger yang berfungsi sebagai penyemprot. Jika tuas tersebut ditekan, maka cat baru akan keluar dari nozzle. Begitu sebaliknya, jika tuas dilepaskan, maka spray gun akan berhenti mengeluarkan semburan cat.

4. Knop Pengatur Tekanan Angin

Knop pengatur tekanan angin biasanya berada pada bagian bawah spraygun. Knop ini berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang keluar dari nozzle. Semakin knop ini dibuka lebar, maka angin yang keluar dari nozzle akan semakin kencang.

5. Saluran Angin

Saluran angin pada spraygun befungsi untuk menghubungkan spraygun dengan selang angin yang menuju kompresor. Pada saluran angin ini biasanya telah dilengkapi dengan adanya coupler sambungan agar lebih mudah dalam melepas atau memasang spraygun dari selangnya.

6. Knop Pengatur Volume Cat

Knop pengatur volume cat merupakan bagian spraygun yang berfungsi untuk mengatur jumlah cat yang keluar dari nozzle. Semakin knop ini dibuka, maka volime cat yang keluar dari nozzle semakin banyak. Untuk mengatur knop volume cat ini harus menyesuaikan dengan tekanan angin yang keluar dari nozzle agar dapat menghasilkan semburan cat yang sempurna.

7. Knop Pengatur Semburan

Bagian spraygun yang terakhir yaitu knop pengatur semburan. Knop ini berfungsi untuk lebar kecil semburan cat yang keluar. Semakin dibuka, maka semburan yang keluar dari nozzle akan semakin lebar. Untuk itu, kita harus dapat mengatur knop semburan ini sesuai benda yang akan dicat. Jika benda yang akan dicat memiliki permukaan yang luas, sebaiknya buka knop pengatur semburan ini agar car yang keluar semakin lebar.

Baca Juga :  Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft

Itulah bagian-bagian spraygun dan masing-masing fungsinya. Setelah mengetahui fungsi bagian-bagiannya, gunakanlah spraygun dengan benar dan sesuai kebutuhan pengecatan agar memperoleh hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top