Info Baru Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

jenis alat dan fungsinya
Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Jenis Alat Berat Dan Fungsinya – Alat berat merupakan alat yang berukuran besar yang digunakan untuk pengerjaan lahan luas. Peralatan ini sengaja dibuat dengan kontruksi dan desain yang sangat kuat dan canggih, sehingga mampu melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa.

Berdasarkan fungsinya, alat berat ini memiliki beberapa jenis. Seperti alat berat untuk kontruksi, penggalian dan pemadatan tanah, pengaspalan jalan dan pemindahan benda-benda besar yang memiliki bobot sangat berat.

Berikut merupakan jenis-jenis alat berat yang sering digunakan. Dan dari beberapa jenis tersebut, memiliki fungsi dan tugas yang berbeda di setiap di bidang kerjanya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian di bawah ini.

Jenis – Jenis Alat Berat Dan Fungsinya


1. Excavator

alat berat exavator
Alat Berat Excavator

Fungsi utama dari alat berat excavator adalah untuk menggali tanah. Namun sering kali digunakan untuk menaikan material galian (tanah dan batu) ke truk pengangkut. Alat berat ini juga kerap dinamakan dengan sebutan bego.


2. Bulldozer (Loader)

alat berat bulldozer
Alat Berat Bulldozer

Bulldozer atau sering juga disebut dengan loader merupakan alat berat yang berfungsi untuk mengolah lahan. Bulldozer ini biasanya untuk meratakan tumpukan tanah yang telah digali agar permukaan menjadi rata. Penggunaan bulldozer untuk medan bergelombang biasanya menggunakan jenis bulldozer roda kelabang (crawler tractor dozer). Sedangkan untuk medan rata menggunakan bulldozer roda karet.

3. Crane

alat berat crane
Alat Berat Crane

Crane merupakan jenis alat berat yang digunakan untuk mengankat material ke tempat yang tinggi. Atau dapat digunakan juga untuk memindahkan barang yang berat ke tempat yang diinginkan. Dengan crane ini pemindahan material proyek akan semakin mudah.

4. Dump Truck

alat berat dump truck
Dump truck

Dump truck merupakan jenis alat transportasi berukuran besar yang mampu mengangkut barang (material) dalam jumlah yang besar. Dump truck ini dapat mengangkut material berskala besar tersebut ke tempat yang memilik jarak tempuh cukup jauh di dalam lokasi proyek.

5. Compactor

alat berat compactor
Alat berat Compactor

Compactor adalah jenis alat berat yang digunakan untuk memadatkan permukaan tanah, kerikil atau aspal. Alat ini bekerja dengan mengandalkan roda besi yang memiliki ukuran besar untuk meratakan dan memadatkan material yang dilewatinya.

Adapun beberapa jenis dari compactor ini yang sering digunakan dalam area proyek, seperti :

  • Three whell roller (mesin pemadat tengan tiga buah roda)
  • Tandem roller (meuin pemadat dua roda)
  • Pneumatic tire roller (mesin pemadat dengan roda karet berukuran besar)
  • Soil compactor (mesin pemadat aspal)


6. Motor Scraper

alat berat motor scraper
Alat berat Motor Scraper

Kehebatan dari motor scraper ini adalah mampu menggali tanah hingga 2,5 meter sekali jalan. Sehinga akan cepat sekali dalam melakukan penggalian. Selain itu, alat berat ini juga digunakan untuk meratakan jalan raya dan memotong lereng tanggul.

7. Motor Grader

alat berat motor grader
Gambar Alat Berat Motor Grader

Jenis alat berat yang satu ini memiliki banyak fungsi yang dapat dikerjakan. Antara lain yaitu, meratakan tanah, mencampur material, pengurangan tinggi galian tanah. Motor grader ini juga dapat digunakan untuk meratakan tanggul yang akan dibongkar.

8. Concrete Mixer Truck

concrete mixer truck
Concrete Mixer Truck

Alat berat yang satu ini sangat kerap dinamakan dengan mobil molen. Concrete mixer truck ini digunakan untuk mengadon atau mengolah material hingga menjadi adona betonn yang siap untuk di tunagkan ke area kontruksi proyek.

Demikian fungsi dari beberapa macam-macam alat berat yang sering dijumpai dalam area pertambangan dan proyek kontruksi. Semoga dapat menambah sedikit pengetahuan dan bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *