Home » Cara Melepas Seal As Mesin Potong Rumput

Cara Melepas Seal As Mesin Potong Rumput

seal+as+mesin+potong+rumput
Cara Melepas Seal As Mesin Potong Rumput

Cara Melepas Seal As Mesin Potong Rumput – Seal as pada mesin potong rumput 2 tak memiliki peranan yang penting. Jika seal tersebut rusak (bocor), maka mesin akan susah dihidupkan. Dan apabila mesin berhasil dihidupkan, maka tenaganya menjadi lemah dan terkadang mati sendiri karena kehilangan kompresi.

Pada sebuah mesin potong rumput, terdapat dua buah seal as yang masing-masing terletak di samping kiri dan kanan crankcase. Fungsi seal tersebut yaitu untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi yang dapat mengakibatkan tenaga mesin rumput menurun. Oleh sebab itu, jika seal as mesin potong rumput telah asu (rusak), maka sebaiknya diganti dengan yang baru agar performa mesin tetap maksimal.

Dalam mengganti seal as mesin potong rumput, kita harus membongkar beberapa komponen terlebih dahulu agar dapat melepas seal as tersebut. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan menguraikan tentang bagaiaman cara melepas seal as mesin potong rumput beserta cara pemasangan seal yang baru. Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Melepas Seal As Mesin Potong Rumput

Sebelum melepas seal as pada mesin potong rumput, persiapkan peralatannya terlebih dahulu agar tidak mondar mandir mencari alat ketika melakukan pembongkaran. Dan alat-alat yang digunakan antara lain obeng, kunci ring 14 mm, kunci ring 13 mm, tang buaya, dan kunci busi. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Bukalah terlebih dahulu cover mesin potong rumput, kemudian lepaskan cover flywheel dengan membuka seluruh baut penguncinya menggunakan obeng.

2. Lepaskan clutch (kampas) dengan membuka dua buah baut penguncinya menggunakan kunci ring 14 mm. Jika susah, dapat dibantu dengan mengetuk kuncinya dengan menggunakan palu dan mengganjal flywheel dengan obeng.

3. Setelah itu, lepaskan flywheel dengan membuka mur ker kas dengan menggunakan kunci ring 13 mm. Jika fly wheel ikut berputar, masukan tali ke dalam lubang busi agar tidak ikut berputar. Setelah fly wheel terlepas, ambilah spi yang ada pada as mesin potong rumput.

4. Kemudian lepaskan seal as mesin potong rumput dengan cara mencukilnya menggunakan ujung oben min. berhati-hatilah jangan sampai as tergores oleh ujung obeng.

5. Setelah seal as berhasil dilepas, pasanglah seal yang baru dengan menekan menggunakan kunci busi agar rata. Kita bisa membantu mengetuknyanya dengan palu secara perlahan-lahan.

6. Setelah seal as terpasang, rangkai kembali bagian yang terlepas tadi dengan benar. Dimulai dari pemasangan spi, fly wheel, clutch, dan cover fly wheel. Jangan lupa kencangkan masing-masing baut penguncinya.

7. Kemudian tinggal mengganti seal as pada bagian yang satunya. Caranya yaitu melepas recoil starter (tarikan mesin) terlebih dahulu dengan membuka baut penguncinya.

8. Setelah itu, jepitlah puli staternya dengan menggunakan tang buaya. Kemudian gunakan kunci ring 13 mm untuk melepas mur as mesin potong rumput. Setelah mur as terbuka, lepaskan puli starter dengan cara mengetuknay ke kiri (berlawanan arah jarum jam).

9. Gunakan ujung obeng untuk melepas seal as mesin potong rumput seperti cara sebelumnya dan berhati-hatilah jangan sampai as tergores oleh mata obeng. Kemudian pasang seal yang baru dengan menekannya menggunakan kunci busi.

10. Jika seal telah terpasang, rangkai kembali bagian yang telah terlepas secara berurutan dan jangan sampai ada yang posisinya terbalik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melepas seal as mesin potong rumput dalam melakukan penggantian. Namun bagi yang belum terbiasa melakukan bongkar pasang mesin, sebaiknya serahkan kepada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top