Home » Penyebab Kompresor Lama Mengisi Angin

Penyebab Kompresor Lama Mengisi Angin

kompresor+lama+mengisi+angin
Penyebab Kompresor Lama Mengisi Angin

Penyebab Kompresor Lama Mengisi Angin – Salah satu masalah pada mesin kompresor yang telah berumur adalah lama mengisi angin. Sehingga menyebabkan sumber penggeraknya menjadi boros energi. Entah itu energi listrik atau pun energi bahan bakar jika menggunakan penggerak berupa mesin.

Jika mengalami kompresor yang lama mengisi angin, tentu saja harus segera diperbaiki agar pengisian dapat normal kembali. Karena jika dibiarkan begitu saja, pekerjaan menjadi lama terselesaikan. Apalagi jika digunakan untuk mengecat, pasti akan angin akan tekor jika spraygun ditekan.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita perlu mengecek beberapa bagian mesin kompresor yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang penyebab kompresor lama mengisi angin dan cara mengatasinya. Silahkan disimak untuk menambah wawasan kita semua.

Penyebab Kompresor Lama Mengisi Angin Dan Cara Mengatasinya

Diantara penyebab dari kompresor yang pengisian anginnya lambat/lama adalah sebagai berikut.

1. Klep Rusak

Penyebab kompresor lama mengisi angin yang pertama adalah adanya klep yang rusak. Klep pada mesin kompresor merupakan bagian yang mengatur jalannya penghisapan dan pemampatan udara. Jika klep tersebut rusak, maka udara tidak dapat dimampatkan, sehingga akan keluar dari lubang penghisapan. Dan akibatnya kompresor lama mengisi angin ke dalam tabung kompresor.

Untuk mengatasi klep kompresor yang rusak, sebaiknya periksa dulu apakah masih bisa di atasi atau harus diganti. Jika belum terlalu parah, kita masih dapat meratakan klep tersebut dengan cara di amplas. Namun, jika sudah tidak memungkinkan seperti patah atau robek, sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Check Valve Aus

Check valve merupakan bagian kompresor yang terletak di antara ujung pipa pengisian dan tabung kompresor (one way). Check valve ini berfungsi untuk menahan angin agar tidak keluar dari tabung. Namun, jika check valve telah aus, maka tidak mampu menahan tekanan angin dan akbitanya angin keluar dari tabung ketika mencapai titik tekanan tertentu.

Untuk mengatasi kerusakan pada bagian check valve ini, bukalah one way dan ambilah valve-nya. Jika menemukan permukaan valve rusak (tidak rata), ratakan kembali dengan menggosoknya ke amplas sampai rata kembali.

3. Adanya Kebocoran Pada Jalur Pipa Pengisian

Penyebab selanjutnya dari kompresor lama mengisi angin yaitu adanya kebocoran pada jalur pengisian. Biasanya kebocoran tersebut terjadi pada setiap sambungan drat pada masing-masing ujung pipa yang terhubung pada blower atau tabung kompresor.

Untuk memeriksa kebocoran pada jalur pipa pengisian, kita bisa menggunakan air sabun cuci dan meneteskannya pada setiap drat sambungan. Jika terjadi kebocoran, maka air sabun cuci tersebut akan mengeluarkan gelembung-gelembung busa secara terus menerus.

Untuk mengatasi drat sambungan yang bocor, bukalah drat tersebut dan bungkus dengan sealtape. Kemudian kencangkan kembali dan periksa ulang dengan menggnakan air sabun. Jika masih belum teratasi, balutlah kembali dengan sealtape yang lebih banyak dari sebelumnya.

4. Drain Valve Bocor

Kebocoran pada tabung juga dapat menyebabkan kompresor lama mengisi angin. Penyebab kebocoran pada tabung kompresor bisanya disebabkan oleh drain valve yang kendor akibat getaran ketika mesin kompresor dihidupkan.

Drain valve merupakan bagian pembuangan yang biasanya terletak di bawah tabung kompresor. Oleh sebab itu, jika kompresor lama mengisi, periksalah drain valve tersebut. Jika sudah dikencang masih juga bocor, gantilah drain valve tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab kompresor lama mengisi angin dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top