Home » Servis » Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin

Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin

cara mengatasi kompresor tidak mengisi angin
Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin
Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin – Perawatan pada mesin kompresor dapat dikatakan mudah dan sederhana. Kita cukup memperhatikan keadaan oli mesin yang berada pada bagian blower kompresor. Oli mesin tersebut harus selalu stabil dan tidak boleh kurang. Kestabilan oli mesin tersebut dapat kita lihat dari indikator oli / ruang kaca yang berada pada dinding blower kompresor tersebut.

Selain itu, kebersihan juga merupakan hal penting dalam masalah perawatan mesin kompresor. Oleh karena itu, biasakanlah membersihkan mesin kompresor tersebut setelah selesai digunakan. Terutama pada bagian saringan udara. Karena pada bagian tersebut, semua kotoran yang terhisap akan berhenti dan berkumpul. Maka bersihkanlah saringan udara sesering mungkin setelah menggunakan mesin kompresor tersebut.

Perawatan mesin kompresor memang menjadi sebuah hal penting agar mesin kompresor tersebut selalu memiliki kinerja yang bagus. Namun, terkadang dalam penggunaan mesin kompresor tersebut juga mengalami masalah. Dan masalah yang sering terjadi pada mesin kompresor adalah tabung tidak terisi angin meskipun mesin kompresor telah dihidupkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin

1. Klep Rusak

Klep pada mesin kompresor memiliki bentuk yang sangat beragam. Ada yang berbentuk plat kotak, plat berbentuk U, dan plat berbentuk v. Fungsi dari klep pada mesin kompresor adalah sebagai katup saluran hisap dan dan penahan angin agar tidak keluar. Namun apabila klep tersebut rusak, maka angin yang telah terhisap akan segera keluar lagi. Sehingga angin tidak dapat tersimpan di tabung angin.

Untuk mengatasi masalah klep rusak, hal yang pertama kita lakukan adalah dengan mengecek klep tersebut. Apabila klep tersebut hanya aus atau terdapat alur yang tidak begitu dalam, maka kita bisa mengatasinya dengan cara mengamplas permukaan yang aus tersebut sampai rata kembali. Namun jika alurnya terlalu dalam atau bahkan sampai pecah, sebaiknya ganti dengan klep yang baru.

2. Packing Head Blower Rusak

Penyebab yang kedua yaitu terdapat kebocoran pada packing head blower. Kebocoran tersebut biasanya terjadi karena packing head blower tersebut telah rusak. Kerusakan packing head tersebut  biasanya disebabkan oleh pemakaian dalam jangka waktu yang lama atau bisa juga disebabkan oleh baut silinder head kendur.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan cara mengencangkan baut silinder head blower tersebut apabila dalam keadaan kendur. Namun apabila mendapati packing head yang telah rusak, sebaiknya gantilah dengan packing head yang baru.

3. Terjadi Kebocoran Pada Sambungan Saluran Angin

Penyebab berikutnya yaitu terjadinya kebocoran pada sambungan saluran angin. Sambungan saluran angin yang mengalami kebocoran ini biasanya terjadi setelah melakukan proses pembongkaran. Namun untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana. Yaitu dengan membalutkan sealtape pada setiap drat sambungan sebelum melakukan proses pemasangan sambungan saluran angin tersebut.

4. Tusen Klep Rusak / Aus

Tusen klep adalah katup yang berfungsi untuk menahan angin yang telah tersimpan di tabung kompresor agar tidak keluar. Tusen klep ini biasanya terletak di dalam sambungan elbo yang menempel di tabung angin.

Permasalahan yang sering terjadi pada tusen klep ini adalah tusen klep mengalami aus.  Ausnya tusen klep tersebut akan mengakibatkan hilangnya dinding penahan pada tabung kompresor sehingga angin tidak bisa tersimpan dan akan langsung keluar. Untuk mengatasi masalah tusen klep yang aus ini, cukup dengan meratakan permukaan tusen klep tersebut sampai rata kembali dengan menggunakan amplas atau mesin gerinda tangan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin kompresor tidak mengisi angin. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top