Home » Tip & Trik » Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Tidak Berputar

Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Tidak Berputar

mesin+potong+rumput+hidup+tetapi+tidak+berputar
Mesin Potong Rumput

Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Tidak Berputar – Mesin potong rumsput yang sangat membantu dan mempermudah dalam urusan memberantas rumput liar. Meskipun begitu, mesin potong rumput yang dioperasikan dalam jangka waktu yang lama, pasti ada kemungkinan mengalami masalah. Salah satunya yaitu mesin hidup tetapi baling-baling pemotong rumput tidak berputar.

Mesin potong rumput yang mengalami masalah pada baling-baling pemotong tidak berputar, sebenarnya merupakan kelalaian dari penggunanya yang kurang memperhatikan perawatan pada mesin tersebut. Sehingga permasalahan yang awalnya kecil menjadi permasalahan yang besar.

Penyebab dari masalah mesin potong rumput yang hidup tetapi baling-balingnya tidak berputar dapat dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab permaslahan mesin potong rumput yang tidak berputar dan cara mengatasinya.

Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Tidak Berputar

Terdapat beberapa hal yang memungkinkan menjadi penyebab baling-baling pemotong rumput tidak berputar meskipun mesin telah dihidupkan diantaranya yaitu:

1. As Fleksibel Putus

As fleksibel yaitu bagian yang menghubungkan antara mesin dengan as baling-baling pembabat. As ini memiliki bentuk yang lentur, sehingga dapat terus berputar meskipun gagang mesin potong rumput di belokan ke mana saja.

Kasus yang sering terjadi yaitu stempet pada as fleksibel tersebut habis, sehingga mengakibatkan as tersebut panas ketika mesin dijalankan dan lama-kelamaan akan putus. Sehingga jembatan perantara antara mesin dengan baling-baling pembabat akan hilang.

Baca Juga :  Cara Mengoperasikan Mesin Bubut

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti as fleksibel yang telah putus tersebut dengan yang baru. Dengan catatan harus memiliki panjang sama dengan yang telah putus. Karena as fleksibel ini memiliki variasi panjang yang berbeda-beda.

2. Roda Gigi Dudukan Baling-Baling Aus

Roda gigi ini terletak di dalam dudukan baling-baling yang berada pada ujung gagang mesin potong rumput. Di dalam dudukan baling – baling tersebut terdapat sepasang roda gigi yang saling mengait. Sehingga apabila roda gigi tersebut mengalami keausan, maka baling-baling tersebut tidak dapat berputar meskipun mesin telah dihidupkan.

Roda gigi tersebut juga memiliki variasi yang beraneka ragam tergantung merk dari mesin potong rumputnya. Sehingga apabila akan mengganti roda gigi tersebut, gantilah dengan ukuran yang sama sesuai dengan roda gigi yang telah aus.

3. Kampas Rusak

Kerusakan pada kampas mesin potong rumput memang jarang sekali terjadi. Namun jika kampas tersebut mengalami kerusakan (pecah atau lepas), maka akan mengakibatkan baling-baling pembabat tidak berputar.

Jkampas tersebut terlepas, maka kita masih dapat memperbaikinya dengan cara memasang kembali kampas tersebut pada tempatnya. Namun apabila pecah, maka kita harus mengganti kampas mesin potong rumput tersebut.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan tidak berputarnya baling-baling pada mesin potong rumput meskipun mesin telah dihidupkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga :  Cara Memasang Mata Gerinda Tangan

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top