Home » Mesin » Spesifikasi Mesin Jahit Karung Beras

Spesifikasi Mesin Jahit Karung Beras

mesin+jahit+karung+beras
Spesifikasi Mesin Jahit Karung Beras

Spesifikasi Mesin Jahit Karung Beras – Mesin jahit karung beras merupakan alat yang digunakan untuk menjahit (menutup) karung beras yang telah terisi penuh. Mesin jahit karung beras ini memiliki bentuk kecil yang mudah dibawa kemana saja. Dan cara penggunaannya pun sangat mudah dan sederhana.

Mesin jahit karung beras ini memiliki bagian-bagian yang hampir sama dengan mesin jahit baju. Namun, komponen mesin jahit karung ini terbilang lebih spesifik, karena antara dinamo penggerak dan mesin jahit menyatu menjadi satu bagian. Dan berikut merupakan bagian-bagian mesin jahit karung  dan fungsinya.

Bagian – Bagian Mesin Jahit Karung Dan Fungsinya


1. Dinamo Penggerak

Mesin jahit karung yang sering dipakai untuk menjahit karung beras, memiliki sumber penggerak berupa dinamo yang didesain khusus agar tidak begitu berat dan mudah dipakai saat menjahit karung. Dinamo tersebut memiliki puly pada bagian ujungnya sebagai tempat vanbelt untuk menghubungkan ke mesin penjahitnya.

2. Vanbelt ( Tali Kipas )

Mesin jahit karung ini memiliki sebuah vanbelt yang berfungsi sebagai penghubung ke puly mesin jahit. Vanbelt tersebut berukuran khusus dan berbentuk vanbelt bergigi yang bertujuan agar tidak selip saat dinamo mesin jahit berputar dalam proses penjahitan.

3. Puly Mesin Jahit

Pada mesin jahit karung terdapat puly yang berukuran lebih besar dari pada puly yang melekat pada dinamo. Puly ini juga berbentuk bergerigi sebagai tempat alur vanbelt. Puly inilah yang sebenarnya menjalankan sistem kerja dari mesin jahit karung.

4. Saklar Mesin Jahit Karung

Pada mesin jahit karung ini terdapat saklar yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengoperasikan mesin jahit karung tersebut. Saklar yang ada pada mesin jahit karung berjenis saklar push button. Oleh sebab itu sangat praktis dalam penggunaanya. Ketika saklar ditekan, mesin jahit karung akan bekerja. Dan ketika dilepas, maka mesin jahit karung tersebut akan berhenti.

5. Benang Jahit

Benang yang digunakan pada mesin jahit karung yaitu benang jenis nilon yang memiliki kekuatan bagus dan tidak mudah putus. Rata – rata benang yang sering dipakai berwarna putih yang sewarna dengan karung beras.

6. Jarum Mesin Jahit

Jarum yang digunakan pada mesin jahit karung ini adalah jarum khusus yang memiliki lubang pada ujung lancipnya. Jarum tersebut juga berukuran relatif besar yang mudah dipasang pada rumah jarum mesin jahit karung tersebut.

7. Gunting Pemutus Benang

Gunting pemutus padamesin jahit karung ini berupa sepasang plat yang berfungsi sebagai pemutus benang saat proses penjahitan telah selesai. Jadi, ketika selesai menjahit karung beras, benang akan terputus dengan sendirinya apabila mesin jahit karung tersebut diangkat.

Sangat praktis dan efisien tentunya dalam menjahit karung beras menggunakan mesin jahit karung ini. Dan itulah spesifikasi bagian-bagian mesin jahit karung beras dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top