Home » Tip & Trik » Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci

Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci

cara+mengeringkan+baju+di+mesin+cuci
Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci

Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci – Sebelum mesin cuci menjadi barang populer, orang mengeringkan baju dengan cara dijemur di bawah terik panas matahari dari pagi sampai sore. Namun, cara seperti itu kini mulai ditinggalkan. Karena saat ini kehadiran mesin cuci telah mampu mencuci dan mengeringkan baju dengan lebih cepat dan efisien.

Pada dasarnya, mesin cuci terdiri dari 2 jenis, yaitu mesin cuci otomatis 1 tabung dan semi-otomatis 2 tabung. Sementara itu, mesin cuci otomatis masih terbagi menajdi 2, yaitu top load (bukaan atas) dan front load (bukaan depan). Mesin cuci otomatis ini mampu mencuci, membilas dan mengeringkan baju secara otomatis hanya dengan sekali proses. Sedangkan pada mesin cuci semi-otomatis, kita harus memindahkan baju ke bagian pengering secara manual jika ingin melakukan pengeringan.

Dan tahukah anda. ternyata cara mengeringkan baju di mesin cuci ada triknya tersendiri agar lebih kering sempurna dengan cepat. Namun, semua itu ditentukan oleh jenis pengering pada masing-masing mesin cuci. Misalnya pada mesin cuci otomatis yang memiliki pengaturan fungsi yang sudah ditentukan berdasarkan jenis kainnya.

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung, biasanya masih bingung dalam menentukan kecepatan putaran untuk melakukan proses pengeringan pakaian. Meskipun begitu kita dapat melihat pedoman berikut ini yang dapat diterapakn pada siklus pengeringan mesin cuci 2 tabung.

Putaran rendah (600-800 rpm) digunakan untuk mengeringkan jenis kain wol dan kain berbahan tipis seperti pakaian dalam.
Putaran sedang (800-1200 rpm) digunakan untuk mengeringkan bahan katun dan bahan sintetis.
Putaran tinggi (1200 rpm ke atas) digunakan untuk mengeringkan bahan tebal, seperti jeans dan handuk.

Cara Mengeringkan Baju Di Mesin Cuci

Cara mengeringkan baju di mesin cuci otomatis, proses pencian dan pengeringan akan berjalan dengan sendirinya secara otomatis. Kita hanya perlu memasukan baju yang akan dicuci ke dalam tabung pencucian dan memasukan deterjen ke dalamnya, kemudian memilih siklus pencucian yang diinginkan. Dengan begitu, mesin cuci akan bekerja secara otomatis sampai proses pengeringan selesai. Barulah setelah itu kita jemur pakaian sebentar di bawah terik matahari.

Sedangkan cara mengeringkan baju di mesin cuci 2 tabung, kita harus melakukan proses pencucian terlebih dahulu pada tabung pencucian hingga selesai. Setelah itu baru memasukan cucian ke dalam tabung pengering untuk dikeringkan. Meskipun sedikit lebih merepotkan, namun masih banyak yang menggunakan mesin cuci 2 tabung ini karena faktro harganya yang lebih murah dari mesin cuci 1 tabung.

Setelah mengetahui langkah-langkah mengeringkan baju di mesin cuci 1 tabung mau pun 2 tabung, pasti kita juga ingin hasil pengeringan dapat kering dengan sempurna. Dan berikut merupakan beberapa tips yang dapat diterapkan dalam mengeringkan baju pada mesin cuci agar memperoleh hasil yang maksimal.

1. Jangan Memasukan Pakaian Melebihi Batas Kapasitas

Pada saat melakukan pengeringan di mesin cuci 2 tabung, sebaiknya jangan terlalu banyak masukan pakaian ke dalam tabung pengering. Meskipun bertujuan agar lebih hemat waktu, namun mengeringkan baju dengan jumlah banyak sekaligus tidak akan mengahasilkan kering yang merata. Oleh sebab itu, janganlah mengeringkan pakaian melebihi batas kapasitas yang tertera pada mesin cuci.

Berbeda dengan proses pengeringan pada mesin cuci 1 tabung, karena jumlah kapasitas pakaian yang masuk ke dalam tabung mesin cuci telah di atur oleh sensor mesin cuci mulai dari awal hingga proses pengeringan selesai. Jadi tidak begitu khawatir jika baju tidak kering dengan sempurna.

2. Atur RPM Putaran Sesuai Jenis Kain

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengeringkan baju di mesin cuci, sebaiknya atur rpm putaran pengering sesuai jenis bahan. Misalnya untuk bahan tebal seperti jeans, gunakan rpm tinggi agar hasil pengeringan dapat maksimal. Begitu juga pada mesin cuci otomatis, pilihlah jenis bahan yang tertera pada pengaturan spin.

3. Bersihkan Tabung Pengering Secara Rutin

Agar proses pengeringan baju lebih cepat dan merata, alangkah baiknya membersihkan bagian tabung pengering secara rutin berkala. Misalnya seminggu sekali atau maksimal 2 minggu sekali. Bersihkan bagian-bagian dinding dan celah-celah lubang yang berada di tabung pengering. Karena biasanya pada saat melakukan pengeringan banyak serat kain dan kotoran yang tertinggal di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengeringkan baju di mesin cuci. Lakukanlah pengeringan dengan cara yang benar agar pakaian cepat kering dan merata. Sehingga tidak perlu lama-lama menjemur di bawah terik matahari yang dapat mengakibatkan warna pakaian menjadi pudar. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top