Home » Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

pengering+mesin+cuci+tidak+berputar
Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar – Di zaman modern seperti sekarang ini, penggunaan mesin cuci merupakan sebuah hal yang angat umum. Alat ini bukan lagi menjadi barang mewah dan hampir setiap rumah memilikinya. Hal tersebut memang dapat dirasakan dari bagaimana mesin cuci ini sangat membantu pekerjaan mencuci baju dengan mudah dan cepat. Mulai dari merendam baju kotor dengan deterjen, melakukan proses pencucian, pembilasan, hingga mampu mengeringkan. Jadi, setelah mesin selesai melakukan tugasnya, maka baju dapat dijemur di bawah panas matahari sebenetar saja sudah langsung kering.

Setiap jenis dan model mesin cuci, memiliki tingkat kecanggihan masing-masing. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci, pastikan telah memahami seluruh spesifikasinya dengan baik. Karena mesin ini memiliki beberapa macam jenis, seperti mesin cuci pintu atas, model pintu samping atau model dua pintu. Selain itu, pastikan juga apakah memiliki sistem otomatis atau tidak. Namun, pada dasarnya semua mesin cuci akan bekerja hingga selesai proses pengeringan.

Sebagus dan semahal apapun mesin cuci yang kita miliki, pasti susatu saat akan mengalami masalah. Dan masalah yang hampir seluruh model mesin cuci mengalaminya yaitu pengering mesin cuci macet atau tidak berputar ketika mengeringkan pakaian. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang penyebab pengering mesin cuci tidak berputar dan cara mengatasinya. Silahkan dibaca sampai selesai agar jika mesin cuci yang kita miliki bermasalah pada bagian pengering, kita bisa segera memperbaikinya.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

1. Adanya Kabel Yang Putus

Salah satu penyebab pengering mesin cuci tidak berputar adalah kabel power putus. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh gigitan tikus yang masuk ke dalam bagian mesin. Ketika mesin dalam kondisi tidak digunakan, biasanya tikus masuk melalui pintu bukaan mesin atau menyusup melaui lubang saluran pengeluaran air. Ketika tikus berada di dalam mesin, biasanya akan mengacak-acak atau menggigit kabel hingga terputus. Sehingga pengering mesin tidak dapat berputar karena putusnya kabel tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, yaitu dengan menyambung kembali bagian kabel yang putus. Jika kebingungan dalam menyambung jalur kabelnya, lihatlah warna kabel yang sesuai. Karena kabel pada mesin cuci biasanya memiliki warna-warna sesuai jalurnya masing-masing. Namun jika masih ragu dan kurang paham, maka bisa memanggil jasa service mesin cuci terdekat untuk memperbaikinya. Untuk mencegah masuknya tikus ke dalam mesin cuci, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin dan biasakan untuk menutup pintu mesin setelah proses pencucian pakaian selesai. Atau bisa juga dengan memasang perangkap tikus di sekitar mesin cuci.

2. Kapasitor Rusak Atau Lemah

Pengering mesin cuci yang tidak mau berputar juga bisa disebabkan oleh kondisi kapasitor yang mengalami kerusakan (menggembung atau terbakar). Atau bisa juga nilai resistansi kapasitor lemah/menurun yang disebabkan oleh penggunaan mesin cuci secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Masalah ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada perangkat elekronik yang menggunakan dinamo penggerak. Gejala dari kondisi kapasitor yang rusak atau lemah tersebut dapat diketahui dari mesin hanya berdengung tetapi tidak dapat berputar.

Untuk mengatasi masalah kapasitor yang rusak yaitu dengan mengganti dengan yang baru. Namun, sebelumnya kita harus melepas kapasitor yang lama terlebih dahulu untuk diperiksa. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penggantian kapasitor yaitu harus memiliki nilai kapasitas yang sama. Biasanya nilai tersebut tertera pada fisik kapasitor. Solusi ini merupakan salah satu cara memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar pada umumnya.

3. Tali Rem Pengering Rusak Atau Putus

Penyebab lain yang menjadikan pengering mesin cuci tidak bekerja yaitu kerusakan pada bagian tali rem. Kerusakan tersebut biasanya berupa tali rem yang putus karean lamanya waktu penggunaan mesin pengering. Tali rem ini terletak di bagian dalam mesin dan berfungsi sebagai sistem otomatisasi ketika mesin pengering bekerja. Jika tali rem ini putus, maka mesin pengering pun tidak akan berputar. Untuk mengecek masalah ini yaitu dengan cara memutar tabung pengering dengan menggunakan tangan. Jika terasa berat, maka dapat dipastikan jika ada masalah pada bagian tali rem pengering.

Untuk mengatasi tali rem yang putus, maka sebaiknya gantilah dengan yang baru. Setelah pemasangan tali rem yang baru selesai, pastikan putaran tabung pengering terasa mudah dan ringan jika diputar dengan tangan. Jika sudah normal, barulah pengering dapat digunakan seperti biasanya.

4. Tombol Timmer Pengering Rusak

Masalah lain yang juga dapat menjadi penyebab pengering mesin cuci tidak berputar yaitu tombol timmer pengering yang rusak. Kerusakan ini memang sering terjadi karena pegas pada tombol timmer mengalami keausan atau korosi. Namun bisa juga disebabkan oleh kerumunan semut atau kecoak yang menyebabkan pegas tersebut tidak berfungsi dengan baik, Jika tombol timmer rusak maka mesin biasanya hanya mengeluarkan suara berdengung tetapi tidak berputar. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara mengganti tombol timmer baru yang sesuai dengan merk dan tipe mesin cuci.

5. Door Switch (Saklar Pintu) Rusak

Door switch merupakan komponen yang terletak di dekat tombol timmer, atau ada juga yang bersatu dengan tombol timmer. Jika saklar pintu ini mengalami kerusakan, maka mengakibatkan pengering mesin tidak dapat bekerja. Masalah ini biasanya disebabkan oleh adanya air yang masuk ke dalam jalur saklar tersebut. Untuk jenis mesin cuci otomatis, maka air juga dapat merusak sensor yang mengakibatkan pengering tidak berputar. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita harus membongkar komponen door switch tersebut. Setelah itu, bersihkan dan keringkan air yang ada di sekitar door switch tersebut menggunakan tisu atau kain yang kering.

Dinamo Mesin Pengering Terbakar

Pengering mesin cuci memiliki sumber penggerak berupa dinamo yang memiliki kekuatan yang cukup besar. Jika komponen ini sampai rusak atau terbakar, maka mengakibatkan mesin tidak dapat berputar sama sekali. Kerusakan pada dinamo ini tidak hanya menjadikan pengering tidak berputar, namun seluruh komponen pada mesin cuci tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Penyebab dari dinamo pengering ini terbakar yaitu adanya keruskaan bagian seal, sehingga air akan menetes secara terus menerus, dan akhirnya dinamo tersebut akan korslet hingga terbakar. Tanda-tandanya dapat dilihat dari adanya bau gosong dan asap yang keluar dari mesin cuci. Dan untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya gantilah dengan dinamo mesin yang baru.

6. Posisi Mesin Cuci Tidak Rata

Masalah pengering mesin cuci yang tidak dapat berputar secara normal juga dapat disebakan oleh faktor dari luar mesin. Salah satunya yaitu posisi mesin cuci miring yang dikarenakan posisi lantai yang tidak rata. Jika penempatan mesin cuci tidak rata, maka mesin cuci yang menggunakan sensor otomatis tidak dapat bekerja dengan baik. Hal itu disebabkan oleh kurangnya tekanan pada bagian sensor, sehingga mengakibatkan mesin pengering tidak dapat berjalan. Gejala ini dapat ditandai dari mesin yang hanya mampu mencuci tanpa dapat mengeringkan sebagaimana mestinya mesin yang normal.

Itulah beberapa penyebab dari pengering mesin cuci tidak berputar dan cara mengatasinya. Untuk itu, jika pengering mesin cuci mengalami masalah, periksalah bagian-bagian seperti di atas. Dan jika harus melakukan penggantian pada komponennya, perhatikan merk dan tipe mesin cuci tersebut. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top